Scroll to Top

Minum Teh Hijau Hindarkan dari Kecacatan Saat Tua

By Ilham Choirul / Published on Friday, 10 Feb 2012

Kebiasaan minum teh hijau di kalangan orang dewasa di Jepang tidak bisa diremehkan manfaaatnya. Menurut studi yang termuat di American Journal of Clinical Nutrition, kandungan teh hijau yang dikonsumsi rutin bisa turut menjaga kesehatan seseorang di masa tuanya dari kemungkinan terjadinya kecacatan atau kelemahan fisik karena faktor usia.

teh hijau

Selama ini teh hijau dikenal punya antioksidan tinggi. Dengan begitu, peremajaan sel tubuh akan berlangsung dan terhindar dari kerusakan. Risiko kecacatan dan kelemahan fisik menjadi lebih rendah tatkala seseorang menjadikan minum teh hijau sebagai aktivitas harian.

Rata-rata usia lansia di zaman modern ini memiliki fisik yang lemah. Mereka kerap melakukan sesuatu dengan tertatih akibat berkurangnya fungsi fisik, ditambah dengan gaya hidup kurang sehat.

Dari 14 ribu responden yang dijadikan sampel penelitian, 13 persen responden yang minum kurang dari secangkir teh hijau per hari, mengalami penurunan fungsi fisik. Sementara itu, tujuh persen dari mereka memiliki fungsi fisik yang lebih baik dengan minum teh hijau minimal lima cangkir sehari. Hasil ini setelah memerhatikan faktor penyebab lain yang diperkirakan berhubungan.

Penelitian dilakukan Tomata Yasutake dan timnya dari Tohoku University Graduate School of Medicine, dengan melibatkan responden berusia 65 tahun ke atas selama tiga tahun. Seperti ditulis Reuters, Tomata memperkirakan kandungan teh hijau bisa menguatkan otot tungkai. Aktivitas masih terlihat gesit sekali pun umur sudah tua. Dengan menambahkan hubungan sosial dan pertemanan, kualitas hidup orang berusia tua akan lebih bermakna.

“Orang yang minum sedikitnya lima cangkir sehari sepertiga lebih rendah untuk terserang cacat daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu cangkir per hari. Orang yang rata-rata minum tiga atau empat cangkir sehari, memiliki risiko 25 persen lebih rendah,” kata peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda