Scroll to Top

Alex Oxlade-Chamberlain: Terbang ke Euro 2012?

By Wan Faizal / Published on Friday, 10 Feb 2012

Satu lagi youngster muncul di Premier League. Diprediksi akan mampu bersinar terang di masa depan karena memiliki skill menawan dan mampu menembus tim inti Arsenal di usia 18 tahun. Dan pemain itu adalah Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain atau yang biasa dikenal dengan Alex Oxlade-Chamberlain.

Chamberlain adalah pemain didikan akademi Southampton, klub yang juga menghasilkan pemain sekelas Theo Walcott. Chamberlain baru bergabung dengan The Gunners pada awal musim ini dengan dana 15 juta pounds dan tambahan kesepakatan lainnya.

Alex Oxlade-Chamberlain

Sebagai pemain muda, Chamberlain memang memiliki kemampuan cukup komplet sebagai penyerang sayap. Dribbling oke, kecepatan juga menawan, dan memiliki tendangan yang keras.

Debutnya di Premier League berakhir dengan tidak mengenakkan. Masuk di pertengahan babak kedua, Chamberlain harus mendapati Arsenal takluk 8-2 dari Manchester United.

Waktu demi waktu, Chamberlain mulai menunjukkan sinarnya, terutama dalam dua bulan terakhir dimana ia bermain cukup fantastis sebagai pemain muda.

Ketika Arsenal harus kehilangan Gervinho dan Marouane Chamakh, Chamberlain membuktikan diri mampu menjadi andalan. Bahkan, nama sekelas Thierry Henry pun harus “mengalah” karena Arsene Wenger lebih memilih memainkan Chamberlain untuk menemani Robin van Persie dan Walcott di lini depan.

Paling fantastis tentu saat Chamberlain berperan besar dalam kemenangan 7-1 Arsenal atas Blackburn Rovers akhir pekan lalu. Di pertandingan itu, Chamberlain mampu mencetak dua gol dan bermain menggila.

“Ia memiliki prospek yang cerah. Semua orang menikmati permainan yang ia suguhkan. Ia memberikan sesuatu yang lebih dalam permainan sehingga penonton menikmatinya,” ujar Van Persie.

Alex Oxlade-Chamberlain, Arsenal 7-1 Blackburn

Dengan penampilan seperti itu, pertanyaan menarik yang bisa diangkat adalah, layakkah Chamberlain masuk ke dalam skuad Timnas Inggris di Euro 2012 mendatang?

Ya, dengan permainan cemerlangnya, harapan agar Chamberlain bisa membantu Inggris untuk mengakhiri puasa gelar di level internasional tentu membesar. Terlebih sebagai muka baru, gaya permainan Chamberlain belum terlalu dipahami oleh para lawan nantinya.

“Anda tidak bisa mengabaikan tentang peluangnya ikut ke Euro 2012. Jangan karena ia masih muda jadi ia tidak bisa ikut. Kita akan lihat dalam tiga bulan ke depan dan jika ia mampu, kenapa tidak?” ujar Wenger.

Peluang Chamberlain sendiri cukup terbuka. Kabar baiknya, namanya terdaftar dalam skuad Inggris ketika beruji coba melawan Belanda akhir bulan ini. Diperkirakan, Stuart Pearce, pelatih sementara Inggris, akan memainkannya di laga tersebut.

Kabar baik lainnya, dalam lima turnamen terakhir (Euro 2000, Piala Dunia 2002, Euro 2004, Piala Dunia 2006, Piala Dunia 2010), Inggris tidak buta akan kemampuan pemain belia.

Alex Oxlade-Chamberlain, Arsenal vs MU

Namun perlu dicatat, hanya pemain belia dengan bakat istimewa saja lah yang bisa ikut ambil bagian dalam lima turnamen tersebut. Hal itu terbukti dengan hanya ada tiga nama pemain dengan usia dibawah 20 tahun yang bisa ikut serta, yakni Gareth Barry (19 tahun, Euro 2000), Wayne Rooney (18 tahun, Euro 2004), dan Aaron Lennon (19 tahun, Piala Dunia 2006).

“Jangan memberikan tekanan berlebih padanya. Sebagai pemain, pasti Anda akan mengalami masa dimana Anda bisa bermain buruk. Jadi saran saya, kita harus berhati-hati memperlakukannya,” saran Van Persie.

Benar apa kata Van Persie. Terlalu memberikan tekanan pada pemain belia akan membuat permainannya terganggu karena dituntut untuk terus tampil konsisten.

Akan lebih baik jika memperlakukan Chamberlain seperti pemain muda pada umumnya yang masih butuh bimbingan. Soal ia masuk skuad Inggris di Euro 2012 atau tidak, akan terjawab dengan sendirinya nanti.

Good luck, Alex…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda