Scroll to Top

Inilah Mobil Robot Pengusir Burung di Bandara

By Ilham Choirul / Published on Friday, 10 Feb 2012
birdstrike robot1
Mobil robot ini dipakai untuk menghalau konsentrasi burung di sekitar bandara untuk mengamankan penerbangan pesawat.

Burung menjadi musuh bebuyutan pesawat terbang. Saat pesawat lepas landas dan menabrak burung yang sedang terbang, hal itu bisa membahayakan keselamatan penerbangan. Untuk itulah, sangat penting menghindari berpapasan dengan hewan ini di udara.

Di Korea Selatan, sebuah mobil robot diciptakan untuk menangani keberadaan burung ini. Robot yang mirip dengan lego transformers itu punya tugas mengusir burung yang berseliweran di sekitar bandara. Caranya, mereka akan ditakuti oleh suara burung yang memekik keras. Misalnya, jeritan elang atau suara burung yang sekarat.

Suara itu dipancarkan dari speaker besar yang terdengar lantang. Jangkauannya bahkan mencapai 300 kilometer, dengan kekuatan suara 100 desibel. Bermodal kemampuan ini, burung-burung akan berhamburan saat diperdengarkan suara itu.

birdstrike robot
Ruang kendali

Mobil robot ini dibuat oleh Korea Atomic Energy Research Institute (KAERI). Julukan resminya “Airport Birdstrike Prevention System”. Dalam otak robot telah dibuat sistem untuk mendeteksi keberadaan konsentrasi burung dan perilaku mereka yang kemudian diolah dalam kontrol dasar. Sebagai langkah awal, mobil robot diujikan pada sebuah bandara militer di Korea Selatan, Juni mendatang.

“Kami berharap mereka akan digunakan di bandara sipil di seluruh dunia dalam waktu dekat,” kata Yi Jongmin, kepala humas di laboratorium robotika KAERI, seperti dikutip CNN Go.

Dalam catatan International Civil Aviation Organization, dari tahun 2003, sudah ada 420 pesawat yang rusak akibat serangan burung. Jumlah korban mencapai 400 orang. Dan, 40 persen kecelakaan ini terjadi di waktu malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda