Scroll to Top

Kijang Innova, Avanza, dan Yaris Raih Merek Terbaik

By Aditya Mahadika / Published on Friday, 10 Feb 2012

Rouli Sijabat, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (tengah) saat menerima pengharagaan Top Brand Awards 2012. (Dok. TAM)

Toyota kembali meraih penghargaan di bidang marketing pada awal 2012 ini. Tiga merek produk Toyota yaitu, Kijang Innova, Avanza, serta Yaris berhasil meraih predikat Top Brand Award 2012, sebuah penghargaan yang di berikan oleh Frontier Consulting Group bekerja sama dengan majalah Marketing.

Survei Top Brand ini melibatkan 2.400 sampel random dan 1.200 sampel booster. Survei ini dilakukan di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Survei juga melibatkan 450 perusahaan yang berada di Jakarta dan Surabaya, dan 75 responden kotraktor.

Ketiga produk Toyota itu berhasil meraih nilai tertinggi dengan menggunakan pola top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika ketegori produk disebutkan), last used (merek yang terakhir kali digunakan responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (merek yang ingin dikonsumsi di masa mendatang).

“Penghargaan ini membesarkan hati dan akan menjadi pendorong kami untuk terus menerus berupaya meningkatkan kepuasan dan kenyamanan kepada pelanggan,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan.

Bagi Toyota Kijang Innova, penghargaan Top Brand kali ini semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu kendaraan idaman keluarga Indonesia. Kendaraan kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) ini secara terus menerus selama 11 tahun berturut-turut berhasil meraih indeks tertinggi Top Brand Award sejak tahun 2002.

Demikian pula dengan mobil terlaris di Indonesia saat ini, Avanza. Kendaraan mini MPV yang masih menjadi kontributor terbesar penjualan Toyota di Indonesia ini juga memiliki catatan prestasi tidak jauh berbeda dengan Toyota Kijang. Toyota Avanza ini juga berhasil mengukuhkan posisinya selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2008.

Sedangkan untuk Toyota Yaris, masuknya sedan kompak ini dalam jajaran Top Brand Award 2012 juga telah memberi catatan tersendiri bagi sedan kompak ini. Berturut-turut sejak tahun 2010, Toyota Yaris mendapatkan penghargaan Top Brand selama 3 tahun berturut-turut.

Berbagai deretan penghargaan ini semakin meyakinkan bahwa posisi Toyota Yaris dimata konsumen kian melejit. Tidak heran jika penjualan Yaris terus meningkat dari tahun ke tahun. Sepanjang Januari 2012 lalu, TAM berhasil membukukan penjualan Yaris sebanyak 1.196.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda