Scroll to Top

Mobilyze, Ponsel Yang Bisa Mendeteksi Suasana Hati

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 11 Feb 2012

Masih ingat dengan ponsel unik yang diklaim bisa menyala selama 15 tahun? Kali ini ada ponsel sejenis yang sama uniknya, unik di sini berada dalam konteks bahwa ponsel ini diklaim bisa mendeteksi suasana hati dari penggunanya. Dikembangkan oleh peneliti dari Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Chicago AS, ponsel yang diberi nama Mobilyze! ini memiliki kemampuan tersebut.

Ponsel Mobilyze

Cara kerja utama dari ponsel ini sebenarnya adalah menangani seseorang saat dia sedang depresi dan ponsel ini bertindak dengan menyarankan untuk lebih sering berkomunikasi dengan teman. Tujuan utama dari teknologi semacam ini adalah memberi pertolongan cepat pada kebutuhan mental seseorang di kala dia memiliki masalah, bisa dibilang, ponsel ini bertindak sebagai terapis pribadi kita.

Lalu bagaimana teknologi yang digunakan ponsel ini bekerja? Alat yang paling utama berperan adalah, dalam ponsel ini ada semacam sensor yang bisa membaca lokasi, suasana hati, lingkungan sosial, macam-macam kegiatan, gaya hidup, dan semacamnya. Setelah itu, ponsel ini akan mendeteksi apakah dari faktor tersebut memicu depresi atau membuat suasana hati menjadi buruk, jika anda begitu, maka ponsel ini bisa menyarankan kita untuk menemui teman kita.

Menurut pendapat dari tim pembuat ponsel ini, tindakan pengurangan dan pencegahan depresi sangat penting, lagipula memang sebenarnya yang dilakukan ponsel ini cukup sederhana, karena sekedar menyarankan untuk berinteraksi lebih sering lagi dengan teman-teman kita, namun dampaknya ternyata cukup besar.

Tertarik memiliki ponsel ini? (via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda