Scroll to Top

Barcelona Terbaik Era Pep Guardiola: Cuma Sekali Kalah dalam 40 Pertandingan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 11 Feb 2012

Dari segi perolehan poin, Barcelona musim ini memang yang terburuk sejak Pep Guardiola memegang posisi pelatih pada 2008/2009. Tiga tahun sebelumnya, belum pernah poin Barcelona di La Liga sesedikit saat ini. Namun, bukan berarti musim 2011/2012 benar-benar menjadi musim terburuk Pep Guardiola.

FC-Barcelona

Dari segi kekalahan, musim inilah yang terbaik untuk Pep. Sejauh ini, dalam 40 pertandingan, Barcelonacuma terhempas sekali oleh Getafe dengan skor 1-0. Selebihnya, meski lebih banyak seri,  kekalahan seolah barang tabu untuk Cesc Fabregas dkk.

Bandingkan keadaan ini dengan tiga musim sebelumnya. Musim pertama Guardiola, Barcelona sempat menderita dua kegagalan di laga-laga awal. El Barca terjengkang oleh Wisla Krakow di play-off Liga Champions 1-0 dan tuan rumah Numancia 1-0 di laga pembuka La Liga. Total, dalam 40 pertandingan pertama musim itu, ada satu lagi kekalahan dari Espanyol dengan skor 1-2.

Musim 2009/2010, keadaan pun demikian. Barcelona bahkan terobek dua kali di Camp Nou dalam 40 pertandingan pertama. Yaitu, ketika dibekap Rubin Kazan 1-2 di Liga Champions dan diguncang Sevilla 1-2 di 16 besar Copa del Rey. Selain itu, Barcelona juga ditekuk tuan rumah Atletico Madrid 2-1 di Vicente Calderon.

Musim lalu, Barcelona juga mencatat hasil lebih buruk daripada musim ini. Mereka digebuk 3 kali di 40 pertandingan awal. Pep Guardiola dibuat tak percaya ketika digulingkan Hercules 0-2 di matchday 2 La Liga musim 2010/2011. Kemudian, Barcelona juga terjengkang melawan Real Betis di perempat final Copa del Rey. Tuan rumah yang ada di Segunda Division musim tersebut, menghajar El Barca 3-1.

Kekalahan terakhir dalam 40 laga awal terjadi oleh Arsenal di babak 16 besar Liga Champions. Kala itu Barcelona takluk 1-2 sebelum akhirnya menggulung Arsenal 3-1 di Camp Nou.

Sayang, musim ini kekalahan Barcelona yang cuma sekali, tidak diimbangi dengan intensitas kemenangan yang setara musim-musim sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda