Scroll to Top

Phibian, Mobil yang Jago di Darat dan Air

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 11 Feb 2012

phibian

Layaknya mobil di film Transformers, mobil ini seketika bisa berubah dari mobil jalanan menjadi kendaraan air. Kalau mau ke jalan aspal tinggal diubah ke mode darat, dan kalau pingin berlayar cukup diganti ke mode air. Perubahan bentuk hanya berlangsung selama 10 detik.

Adalah Gibbs Amphibians. Produsen mobil dari Amerika Serikat ini membuat produk mobil Phibian. Melihat fungsinya, mobil ini ditargetkan bagi konsumen pebisnis, penegak hukum, dan militer. Dan, mengawali debutnya, Phibian diperkenalkan pada konferensi tahunan American Society of Naval Engineers.

Saat menjadi kendaraan air, pengemudi tinggal memencet tombol perubahan. Saat itu, keempat roda akan mengangkat ke dalam bodi dan digantikan dengan dua baling-baling besar. Phibian diklaim mampu bergerak dengan kecepatan sampai 30 km/jam dalam air.

phibian

Seperti dikutip Antara, dengan bodi bongsornya, Phibian juga dapat melesat dengan kecepatan tinggi di jalan darat. Spesifikasi yang dimilikinya dinilai dapat menembus medan offroad. Jarak bodi dengan tanah 16 inchi. Untuk penanganan bencana mau pun ke tempat terpencil, mobil ringan ini cocok untuk dipakai.

Phibian bisa dinaiki keroyokan. Karena, kapasitasnya bisa diisi sampai berat 3.307 pon. Jika dipenuhi penumpang, bisa dinaiki tiga awak beserta 12 penumpang.

Gibbs Amphibians belum merilis secara resmi banderolnya. Namun, mobil ini sangat bermanfaat sebagai piranti penanganan bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda