Scroll to Top

71% Gol Barcelona Berkat Trio Lionel Messi-Cesc Fabregas-Xavi Hernandez

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 11 Feb 2012

Tiga pahlawan. Barcelona beruntung memiliki mereka. Lionel Messi, Cesc Fabregas, dan Xavi Hernandez adalah juru selamat bagi pasukan Pep Guardiola musim ini. Ketika begitu banyak pemain yang datang dan pergi karena cedera, ketiga orang ini bagaikan satu busur yang melepaskan rentetan panah yang menghunjami tubuh lawan-lawan Barcelona. Messi-Xavi-Fabregas menjadi kreator 71% gol El Barca musim ini.

Xavi Messi Fabregas

Dalam sejarah Pep Guardiola duduk di kursi pelatih pasukan Camp Nou, baru kali ini ada badai cedera yang mengerikan. Ibrahim Afellay dan David Villa tak bisa dipasang dalam waktu lama. Sementara, Pedro Rodriguez dan Alexis Sanchez bergantian cedera.

Namun, cederanya para penyerang tidak meredakan kemampuan Barcelona dalam mencetak gol berkat trio Messi-Xavi-Fabregas. Bahkan hingga hari ini rata-rata Barcelona mampu mencetak 2,975 gol per laga.

Lionel Messi adalah yang paling bersinar dari ketiga raja. Sang mesiah sudah mengemas 37 gol dan 20 assist. 23 gol di antaranya diciptakan liga domestik.

Cesc Fabregas datang dari Arsenal untuk menjadi seorang penyerang. Di Barcelona dalam waktu kurang dari semusim, produktivitas golnya melesat ke angka 15. Sepanjang hidup Fabregas, maksimal ia cuma bisa mencetak 19 gol dalam semusim di Arsenal.

Musim ini, kemungkinan rekor ini akan dipecahkan Cesc. Keputusan Pep Guardiola memakai dua “penyerang palsu” dalam formasi 4-3-3 menjamin hal ini. Belum cukup, Fabregas juga sudah melepaskan 10 assist.

Terakhir, nama sang raja sesungguhnya layak diungkapkan. Xavi Hernandez yang semakin tua semakin berbahaya sudah mencetak 10 gol. Ia menyetarai rekor terproduktifnya sepanjang masa yang tercipta pada musim 2008/2009, musim pertama Pep Guardiola melatih Barcelona. Dari kaki sang Puppet Master, sudah ada 10 assist yang diciptakan.

Jika dibuat secara keseluruhan, ketiga pemain ini mengkreasikan 85 gol dari 119 gol yang dibuat Barcelona musim ini.

Bahkan, jika dilihat dari fakta di lapangan, cuma ada 5 dari 40 pertandingan kala salah satu dari trio Messi-Fabregas-Xavi tidak mencetak gol. Yaitu, melawan Sporting Gijon (menang 0-1), Sevilla (seri 0-0), Villarreal (seri 0-0), Getafe (kalah 0-1), dan BATE (menang 4-0). Laga melawan BATE sendiri tidak menjadi milik salah satu dari tiga raja ini karena Pep Guardiola lebih memilih untuk memakai pemain muda.

Sampai kapan trio ini terus membawa prestasi bagi Barcelona? Mampukah Lionel Messi-Cesc Fabregas-Xavi Hernandez membawakan 6 gelar sekaligus untuk Barcelona musim ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda