Scroll to Top

Puasa Bisa Percepat Penyembuhan Kanker

By C Novita / Published on Sunday, 12 Feb 2012

Puasa obat kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Southern California, AS, mendapatkan fakta bahwa puasa, alias tidak mengkonsumsi makanan sama sekali dalam waktu tertentu, bisa percepat penyembuhan kanker dan meningkatkan efektifitas pengobatan dari penyakit tersebut.

Dengan puasa, pertumbuhan sel tumor jadi melemah, dan penyebarannya berkurang, jika dibarengi dengan melakukan kemoterapi.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Science Translational Medicine itu menyebutkan bahwa sel tumor tersebut merespon stres yang terjadi saat puasa dengan berkembang, tapi saling memakan dirinya sendiri. Untuk menutupi kebutuhan mereka akan energi.

Tidak seperti apa yang terjadi pada sel kanker yang tidak diberi perlakuan puasa. Mereka terus berkembang dan menyebar dengan pesat.

Profesor Valter Longo, pemimpin penelitian tersebut berkata, “Sel tumor tersebut, faktanya, melakukan bunuh diri, karena berusaha untuk mengkompensasi kekurangan makanan yang tidak terdapat dalam darah karena puasa,” Demikian dirilis Dailymail 08/02/12.

Penelitian tersebut diuji cobakan pada tikus yang telah dipapar kanker payudara, saluran kemih, dan juga kanker ovarium.

Luar biasa, ternyata manfaat puasa sangat berguna bagi kesehatan, selain juga mendapat pahala jika diniatkan untuk ibadah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda