Scroll to Top

Anggun C Sasmi, Duta Prancis di Ajang Musik Eropa

By Aditya / Published on Monday, 13 Feb 2012

Anggun

Patut disayangkan, Indonesia telah kehilangan sosok Anggun C Sasmi yang kini menjadi warga negara Prancis. Mantan ladyrocker Indonesia di era 1980/1990-an itu telah menjelma menjadi salah seorang diva top dunia. Potensi dan ketenaran Anggun pun dimanfaatkan betul oleh pemerintah Prancis. Salah satunya adalah hadirnya Anggun sebagai wakil Prancis dalam Eurovision Song Contest 2012.

Eurovision Song Contest adalah ajang musik bergengsi di Eropa yang sudah berusia 57 tahun dan dilaksanakan secara rutin. Untuk edisi tahun 2012 ini, Eurovision Song Contest akan dihelat di Azerbaijan. Saban tahunnya, lebih dari 40 negara di Eropa mengirimkan wakilnya untuk ikut ajang ini.

Beberapa nama top yang pernah hadir di gelaran Eurovision Song Contest adalah ABBA dan Celine Dion. Kini, Anggun yang sejatinya adalah orang asli Indonesia pun turut serta dalam ajang ini, namun dengan membawa bendera Prancis. Dipilihnya Anggun ini membuktikan bahwa pemerintah Prancis benar-benar melihatnya sebagai sosok yang sangat pantas.

Oleh pemerintah dan warga Prancis, penyanyi yang pernah tenar dengan lagu “Tua-tua Keladi” ini dinilai sebagai simbol keberagaman yang ada di Prancis, selain tentu saja kualitas dan populeritas yang telah diraihnya.Anggun merupakan salah satu penyanyi di Prancis yang paling laris albumnya. Oleh French Music Awards, Anggun diganjar gelar sebagai “Victories de la Musique”.

Bagi orang Indonesia, akan tampilnya Anggun dalam ajang Eurovision Song Contest 2012 bisa jadi melahirkan dilema. Di satu sisi, bangga karena ada orang Indonesiayang mampu menaklukkan Eropa, bahkan dunia. Namun di sisi lain, kebanggaan itu terasa hampa karena Anggun bukanlah warga negara Indonesia lagi, bahkan telah menjadi duta penting bagi negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda