Scroll to Top

Kisah Pelukis Graffiti yang Menjadi Milyuner Setelah Menolak Imbalan Uang dari Facebook

By Ibnu Azis / Published on Monday, 13 Feb 2012

David Choe_1

Pada tahun 2005, David Choe diminta Sean Parker – salah satu tokoh penting dalam berdirinya Facebook – untuk membuat lukisan di kantor Facebook, Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS).

Sean Parker menawarkan imbalan berupa uang ribuan dolar atau saham. Namun David Choe memilih saham. Dan kini dari 0,1 – 0,25 saham sebagai upah lukisannya, ia memeroleh USD 200 juta atau sekitar Rp 180 miliar.

David Choe_2

Darimana perhitungan USD 200 juta tersebut? Facebook telah go publik beberapa pekan yang lalu. Dan IPO Facebook ini bernilai USD 5 miliar atau sekitar Rp 45 trilyun.

Dan dari IPO tersebut, David Choe mendapatkan rejeki nomplok dari sahamnya (upah melukis dari Sean Parker) senilai USD 200 juta atau Rp 180 miliar.

David Choe_3

David Choe pria kelahiran 1976 di Los Angeles (AS) dan berdarah Korea ini memiliki bakat serta kesukaan akan lukisan sejak usia dini.

Ia mengenal grafiti sejak remaja. Ia sering mencorat-coret grafiti di bangku terminal, bus, papan reklame, hingga tembok-tembok di jalan atau gang.

Selepas SMA David Choe berkeliling menyusuri dunia mulai Eropa, Timur Tengah, hingga Afrika. Usia 21 tahun ia kembali ke Los Angeles. Ia pernah mendesain cover album Linkin Park dan Jay Z.

Ia juga pernah menggarap cover film Juno, Glass House. David Choe memiliki mimpi untuk membuat poster orang nomor satu AS, Barrack Obama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda