Scroll to Top

PSSI Yakin Persipura Bakal Dicoret dari LCA

By Aditya / Published on Monday, 13 Feb 2012

PSSI

Meskipun gugatan Persipura terhadap PSSI telah dimenangkan secara sementara oleh Pengadilan Arbitase Olahraga Internasional (CAS), PSSI mengaku belum kalah. Sebab, selain keputusan tersebut masih belum final, PSSI mengklaim ada perkembangan baru yang justru menguntungkan bagi induk sepakbola seluruh Indonesia itu.

”Memang kami kalah dalam putusan sela, namun (keputusan) ini masih belum final,” tandas Tondo Widodo, Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, di Jakarta, seperti dikutip dari BolaNet, Senin (13/2).

Persipura memang mengajukan gugatan terhadap PSSI ke CAS terkait dengan dihapuskannya jatah tim kebanggaan orang Papua itu untuk mengikuti Liga Champions Asia (LCA) oleh PSSI. Persipura sempat terancam kehilangan hak bermain di LCA karena PSSI menganggap juara bertahan ISL itu membangkang lantaran tidak mau berlaga di kompetisi resmi PSSI, yakni IPL.

CAS akhirnya memberikan keputusan sementara (keputusan sela) yang memenangkan gugatan Persipura. Atas dasar itu, AFC selaku induk sepakbola Asia kemudian membolehkan Persipura untuk berkompetisi di LCA dengan melakoni laga play-off melawan Adelaide United (wakil Australia) pada 16 Februari 2012 mendatang.

Kendati kalah sementara, namun PSSI merasa belum kiamat. Bahkan, PSSI melihat ada perkembangan positif dalam proses persidangan CAS sebelum adanya keputusan final. Tondo Widodo yakin bahwa kebijakan yang membolehkan Persipura bermain di LCA bisa berubah. Dengan kata lain, PSSI masih mengharapkan keikutsertaan Persipura di LCA yang sudah direstui oleh CAS dan AFC dibatalkan.

”Keputusan percepatan sidang (CAS) diubah jadi sidang biasa. Ini merupakan sebuah hal yang positif bagi proses persidangan perkara ini,” terang Tondo Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda