Scroll to Top

Produktivitas Gol Barcelona di Laga Tandang Musim Ini Cuma 50% dari Musim Lalu

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 13 Feb 2012

Pahit. Musim ini Real Madrid tidak bisa membedakan mana laga kandang dan mana pertandingan yang berada di Santiago Bernabeu. Semua terlihat sama saja. 3 angka adalah hal yang terlalu sering untuk Cristiano Ronaldo dkk. Bahkan, dalam 11 laga tandang musim ini, Los Blancos cuma kalah sekali dari Levante dan seri sekali pula dari Racing Santander.

Lionel Messi

Sebaliknya, Barcelona justru terlalu tahu perbedaan kandang dan tandang. Di Camp Nou, sihir Lionel Messi bekerja nyaris sempurna. Berbeda dengan Madrid yang sudah tercoreng sekali, El Barca belum pernah kalah. Namun, laga tandang adalah yang terburuk dalam sejarah Barcelona era Pep.

Mereka boleh saja unggul satu angka dari Real Madrid di laga kandang. Namun, hal ini menjadi tak berguna ketika Los Blancos sukses membuka jarak 11 angka di partai tandang.

4 kemenangan, 5 hasil seri, dan 2 kekalahan. 17 poin dari kemungkinan 33 poin yang dikantongi. Persentase kemenangan tandang Barcelona cuma 51,52%. Bandingkan dengan Real Madrid yang mencapai 81,82%.

Rekor tandang Barcelona musim ini, berbanding terbalik dengan musim lalu. Kala itu, dalam 11 pertandingan tandang pertama, El Barca cuma sekali seri dengan Sporting Gijon. Sementara, 10 laga sisanya dihujani dengan kemenangan.

Produktivitas gol tandang musim ini pun sangat menyedihkan. El Barca cuma bisa mencetak 18 gol di laga di luar Camp Nou. Hal ini bertalian dengan ketajaman Lionel Messi yang bangkrut kalau bermain di luar daerahnya. Messi cuma bisa menceploskan 4 gol di laga tandang; 3 di antaranya diborong saat melumat Malaga 1-4. Sangat kontras dengan 19 gol yang dicetaknya di laga kandang dalam 11 penampilan.

Hal ini kontras dengan musim lalu. Hingga 11 pertandingan pertama, sudah ada 37 gol tercipta. Barcelona juga terlihat begitu garang dengan mencukur Santander 0-3, Almeria 0-8, Espanyol 1-5, Deportivo La Coruna 0-4, Osasuna 0-3, dan Hercules 0-3. Sementara, musim ini cuma sekali Barcelona bisa menang dengan margin tiga gol.

Sisa 8 pertandingan tandang musim ini harus dikonversi sebaik mungkin untuk mencapai kemenangan jika El Barca memang ingin mengejar selisih poin dari Real Madrid. Plus, jangan sampai terpeleset dengan rekor kandang yang begitu memuaskan. Namun, dengan poin dan produktivitas tandang yang cuma setengah musim lalu, apakah memang sudah saatnya pasukan Josep Guardiola melempar handuk tanda menyerah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda