Scroll to Top

Mozilla Kembangkan Versi Metro Firefox Untuk Windows 8

By Ditya / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

Pengembang browser Firefox, Mozilla berencana untuk membangun versi Firefox yang sangat berbeda unruk Windows 8. Perubahan tersebut diperlukan untuk menyesuaikan tampilan antar muka “Metro“.

Metro adalah tampilan antar muka sentuh baru dari Microsoft yang nantinya digunakan di generasi baru Windows, Windows 8.

FirefoxMozilla menjelaskan rencana ini sebagai bagian dari strategi dan roadmap 2012 yang telah diperbarui untuk mendukung Windows 8. Uji kelayakan Firefox di Windows 8 direncanakan pada kuartal kedua tahun ini, tergantung rilis dari Windows 8.

Firefox versi Metro diperlukan untuk meningkatkan dukungan terhadap Windows 8 tablet yang berbasis pada ARM. Mozilla juga mengatakan akan membangun Firefox baik untuk lingkungan desktop Windows tradisional maupun Metro.

“Windows 8 terdapat 2 lingkungan aplikasi, “Metro” dan “Classic”. Classic ini sangat mirip dengan tampilan Windows 7 yang ada saat ini, sedangkan Metro adalah lingkungan desktop yang sama sekali baru, sehingga perlu dikembangkan Firefox baru agar dapat terintegrasi dengan sistem”, kata pengembang.

Seperti yang dikutip dari Ars Technica, Metro Firefox akan menjadi browser berbasis Gecko yang difokuskan di lingkungan layar sentuh dengan modus layar penuh sehingga pengguna dapat melihat update terparu di layar Start.

Dukungan terhadap Metro merupakan wujud dari strategi dari pihak pengembang Firefox, Mozilla agar browsernya tetap bersaing di pasar Browser.

Pangsa pasar Firefox mencapai 20% di pasar desktop browser seluruh dunia. Firefox kehilangan cukup banyak pangsa pasar dengan hadirnya Google Chrome.

Chrome juga mungkin akan memiliki versi Metro untuk Windows 8, namun belum ada pengumuman resmi dari Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda