Scroll to Top

Uni Eropa Meluncurkan Roket Vega

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

Roket Vega diluncurkan

Senin 13 Februari 2012 waktu setempat, Badan Antariksa Eropa (ESA) meluncurkan roket Vega yang mampu membawa sembilan satelit.

Bertempat di negara persemakmuran Perancis, Guyana Perancis, dana Rp 8,4 trilyun dipertaruhkan demi kemajuan teknologi sistem satelit tersebut.

“Misi ini melibatkan 1.000 orang. Dan dengan misi ini kami ingin membuktikan jika roket ini bakal mampu membawa sistem sateit paling canggih di dunia,” papar Antonio Fabrizi, direktur ESA.

Belgia, Perancis, Italia, Belanda, Spanyol, Swedia, serta Swiss tergabung dengan ESA mengembangkan Vega untuk misi keperluan antariksa Eropa.

Roket ini dinamakan Vega sesuai dengan nama bintang paling terang di belahan bumi bagian utara.

Roket Vega memiliki bobot 157 ton, panjang 10 meter, dan lebar 3 meter. Roket Vega kali ini memiliki perbedaan dari roket Vega generasi sebelumnya.

Sumber energi roket Vega generasi terbaru dikendalikan oleh energi cair. Sedangkan pada generasi sebelumnya berasal dari benda padat.

“Pembangunan Vega memakan waktu tiga bulan dan secara nyata akan memberikan manfaat maksimal bagi pelbagai layanan antariksa Eropa,” papar Jean-Jaques Dordain direktur jenderal ESA.

Rencananya ESA pada tahun depan akan meluncurkan teknologi terbaru tentang robot khusus yang akan diorbitkan ke luar angkasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda