Scroll to Top

Bintik Matahari Membesar, Bisa Sebabkan Badai Matahari di Bumi

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

Sun spot atau bintik matahari yang membesar dua kali lipat pada beberapa hari terakhir diklaim mampu mendatangkan serangkaian aktivitas badai matahari ke bumi.

Meski para ahli memerkirakan jika tingkat maksimal dari gangguan tersebut belum dapat diprediksi, namun beberapa dari ilmuwan beranggapan jika aktivitas ini menyebabkan beberapa pemadaman radio serta masalah di daerah kutub.

Bintik Matahari Membesar_1

Gambar di atas diambil oleh NASA’s Solar Dynamics Observatory pada 12 Februari 2012 yang memerlihatkan dua sun spot atau bintik matahari di area 1416.

Menurut SpaceWeather.com, bintik matahari di daerah aktif 1416 mampu mengirimkan energi magnetik ‘beta-gamma’ atau yang dikenal dengan nama suar M-class.

Meski suar M-class tidak memiliki tingkat  radiasi yang berbahaya dengan suar X-class – yang mampu memengaruhi satelit dan jaringan listrik serta badai radiasi – namun suar ini dapat menimbulkan gangguan ringan. Seperti gangguan pada komunikasi radio.

Suar M-class juga dapat menyebabkan erupsi auora borealis yang mampu memancarkan cahaya yang menyilaukan.

Tony Phillips, jurnalis dari SpaceWeather.com mengatakan jika setiap letusan dari bintik matahari yang terjadi di akhir pekan ini akan mengarah langsung ke bumi.

Pada Jumat silam, matahari memancarkan Coronal Mass Ejection (CME) dalam bentuk hati. Dan menurut laporan The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), CME akan tiba di bumi saat hari valentine.

Bintik Matahari Membesar_2

Pada foto di atas menunjukkan sun spot yang telah ‘membengkak’ dua kali selama beberapa hari dan memiliki potensi menuju bumi.

SpaceWeather.com malaporkan jika suar M-class 50 persen akan terjadi dalam 24 – 48 jam kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda