The Queen of Sheba
Ratu Sheba

Arkeolog Inggris dikabarkan telah menemukan lokasi peninggalan harta Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis.

Konon harta mereka hanyalah sekadar dongeng. Apakah arkelog tersebut mampu mematahkan legenda ini?

Berdasarkan Alkitab, penguasa Sheba pada masa jaman modern Ethiopia dan Yaman, melakukan perjalanan ke wilayah Raja Solomon di Yerusalem dengan membawa 4.5 ton emas.

Dan kabarnya sebuah tambang emas kuno telah ditemukan oleh arkeolog Louise Schofield di reruntuhan kuil pada dataran tinggi Gheralta di utara Ethiopia yang merupakan bekas kekuasaan wilayah sang ratu.

Pintu masuk ke reruntuhan kuil tersebut bersembunyi di balik batu sedalam 6 meter yang berukir pola matahari dan bulan sabit.

Tak hanya menemukan reruntuhan kuil, para arkeolog juga menemukan makam yang didedikasikan untuk Dewa Bulan. Dan mereka memrediksi tempat tersebut bekas medan perang. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya beberapa tulang manusia.

“Saya merangkak di bawah batu dan mewaspadai seekor ular kobra yang berjarak hanya 2 meter saja di depan. Dan kemudian menemukan prasasti Sabaean, yang merupakan bahasa yang digunakan Ratu Sheba tatkala berkomunikasi,” tegas Louise Schofield arkeolog pepimpin penggalian.

lokasi peninggalan harta Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis_1

Pada foto di atas Ratu Sheba dimainkan oleh Gina Lollobrigida dan Raja Solomon dimainkan oleh Tyrone Power pada sebuah film Solomon and Sheba (1959).

lokasi peninggalan harta Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis_2

Foto arkeolog Louise Schofield berdiri di depan pintu masuk reruntuhan kuil yang diduga peninggalan tambang emas Ratu Sheba di Ethiopia.

Namun ambisi Louise Schofield untuk meneruskan penelitian tersebut terkendala masalah dana. Dan ia akan melanjutkan serta fokus melakukan penggalian jika mendapatkan donasi serta dukungan pihak terkait.