Scroll to Top

Leverkusen vs Barcelona 1-3: Pembuktian Sang Juara Bertahan

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Feb 2012

Barcelona berkunjung ke Bay Arena kandang Leverkusen dengan sedikit krisis. Pasukan Pep Guardiola terkena kutukan tak pernah menang di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Mereka juga baru saja dihentikan Osasuna 3-2 dalam lanjutan La Liga.

Leverkusen vs Barcelona 1-3 (1)

Keadaan Bay Arena pun mirip dengan Reyno de Navarra, kandang Osasuna. Dengan dingin yang menusuk, Leverkusen berpotensi mengguncang El Barca.

Namun, Pep Guardiola belajar banyak dari kekalahan atas Osasuna. Tidak seperti yang terjadi di Reyno de Navarra, kali ini Barcelona terlihat lebih fokus sejak menit-menit awal.

Kehadiran Sergio Busquets yang pulih dari cedera mengisi lini tengah El Barca bersama Cesc Fabregas dan Andres Iniesta. Tiga gelandang ini dibantu Lionel Messi membuat perjalanan Barcelona ke Leverkusen berlangsung cukup menyenangkan.

Sementara, dengan formasi 4-5-1 ala Robin Dutt, Leverkusen berniat mematikan lini tengah Barcelona yang dikenal begitu liat ketika Busquets hadir. Namun, lima gelandang ternyata tak cukup menahan laju Barcelona.

Serangan demi serangan pasukan Pep Guardiola terus mengalir hingga akhirnya kebuntuan pecah di menit 41.

Leverkusen vs Barcelona 1-3

Umpan brilian Lionel Messi dari tengah lapangan diambil Alexis Sanchez. Berlari menembus lini pertahanan lawan, Sanchez melepaskan tembakan ke sudut jauh gawang Bernd Leno. 0-1.

Babak kedua, Leverkusen menerapkan terapi kejut untuk El Barca. Setelah kemelut yang begitu lama di depan gawang Victor Valdes, Vedran Corluka melepaskan umpan yang ditanduk Michal Kadlec di menit 52.

Respons sang juara bertahan muncul begitu cepat. Cuma tiga menit berselang, Barcelona kembali berhasil unggul. Alexis Sanchez lagi-lagi menjadi hantu bagi Leno. Umpan terobosan Cesc Fabregas dikonversinya menjadi gol kedua di ajang Liga Champions.

Kebebasan Barcelona menguasai lini tengah menjadi kunci raihan 3 poin. Lionel Messi pun memastikan kemenangan timnya di menit 88. Kerjasama Messi dan Dani Alves dituntaskan dengan sempurna oleh sang mesiah.

http://www.youtube.com/watch?v=9JY4XiQ-WNg

Kemenangan 1-3 ini pun membawa Barcelona sukses mencatatkan enam kemenangan beruntun di Liga Champions; terhitung sejak musim lalu. Bagi Pep Guardiola, 3 angka ini begitu penting.

Masih ada 16 pertandingan La Liga, 1 final Copa del Rey, dan 6 laga di Liga Champions untuk meraih treble winners musim ini. Melihat permainan El Barca tadi pagi —asalkan bisa terus berlaga dengan cara seperti ini— ketiga gelar tersebut masih bisa berada di genggaman tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda