Scroll to Top

Awas! Makan Terlalu Banyak Bisa Bikin Pikun

By C Novita / Published on Wednesday, 15 Feb 2012

Makan banyak bikin pikunMakan terlalu banyak kalori ternyata bisa meningkatkan resiko kehilangan memori di otak, alias pikun bagi orang tua. Hal tersebut diketahui dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat.

Mereka meneliti kebiasaan makan dan minum 1200 orang manula dengan usia antara 70-89 tahun yang tidak memiliki riwayat penyakit Demensia. Dan di akhir tes, dilakukan tes memori.

Para manula ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu berdasarkan pemberian kalori pada makanan mereka. Tingkat rendah kalori (600-1500 kalori), sedang (1500-2500 kalori), dan tinggi (diatas 2500 kalori) perhari.

Hasilnya, manula yang mengkonsumsi lebih dari 2100 kalori sehari jauh lebih besar resiko mengalami ‘Gangguan Kognitif Ringan’ dari pada mereka yang makan rendah kalori.

Temuan juga menunjukkan bahwa menjaga diet rendah kalori di usia tua bisa menjaga pikiran tajam dan bahkan dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer.

“Kami mengamati pola dosis-respons, yang berarti: semakin tinggi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari, semakin tinggi risiko,” kata pemimpin studi tersebut Dr Yonas Geda, dari Mayo Clinic di Scottsdale, Arizona, seperti dikutip oleh Dailymail 13/02/12.

Jadi, membatasi makanan sumber kalori tinggi seperti roti, nasi, kentang, umbi, pada manula, sebaiknya dilakukan demi mencegah kepikunan. Sebagai gantinya, memperbanyak buah, sayuran serta makanan dengan vitamin dan mineral tinggi, paling baik dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda