Ini Dia Hewan Bertanduk Terpanjang di Dunia

JR, sapi berusia 7 tahun asal Queensland, Australia baru saja membelalakkan mata dunia. Ya, hewan ternak jenis Texas Longhorn ini memiliki tanduk yang luar biasa panjang, 9 kaki lebih satu inchi atau setara dengan 3 meter; dari ujung tanduk yang satu ke ujung tanduk yang lain.

JR

Sang pemilik, bernama Michael Bethel, mengaku tidak memiliki teknik tersendiri untuk menumbuhkan tanduk JR hingga seperti saat ini.

Katanya, “Kami tidak memberinya perlakuan khusus. Kami hanya membiarkan JR merumput di alam bebas bersama kangguru seperti hewan ternak kami yang lain.”

Bethel sendiri meyakini bahwa tanduk JR akan lebih panjang seiring dengan waktu. Ia mengklaim, seekor Texas Longhorn seperti JR bisa berusia hingga 20 tahun.

Sebenarnya, jika dilihat dari jenisnya, tanduk JR tidak terlalu mengejutkan. Sapi jenis Texas Longhorn memang dikenal memiliki tanduk yang begitu panjang. Biasanya, ukuran tanduk Texas Longhorn bisa mencapai 0,91 meter hingga 2 meter.

Seekor Texas Longhorn sendiri biasanya sudah memiliki 50% panjang tanduk mereka di usia setahun. Pertumbuhan tanduk mereka akan mencapai puncaknya (90–95%)  pada usia 5 hingga enam tahun.

JR sendiri memecahkan rekor tanduk terpanjang yang dimiliki oleh Shadow Jubilee, sapi jenis Texas Longhorn pula. Shadow Jubilee memiliki panjang tanduk 88 inci dari ujung tanduk yang satu ke ujung tanduk lain; atau sekitar 2,23 meter.

(Sumber: Dailymail)

Komentar Anda

Leave A Response