Scroll to Top

Cara Efektif Berhenti Merokok Ala India

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 15 Feb 2012

Cara Efektif Berhenti Merokok Ala India

Pelbagai cara digunakan untuk mengurangi jumlah perokok di muka bumi ini. Baru-baru ini otoritas kesehatan barat menggunakan kampanye anti rokok dengan menempatkan sebuah foto paru-paru bewarna hitam di bungkus rokok. Namun sepertinya cara tersebut kurang berhasil.

Pemerintah India memiliki cara unik dalam mengurangi jumlah perokok. Mereka memanfaatkan sebuah musik ‘kematian’ yang akan terdengar ketika pemantik listrik dinyalakan. Seperti apa?

Pemantik listrik rokok di India dijual terpisah. Dan dengan pemantik tersebut, sebuah alunan musik dibenamkan. Ketika perokok akan menyalakan pemantik listrik ini, maka akan terdengar sebuah lagu Hindi yang sering diputar saat pemakaman jenazah ketika seseorang meninggal dunia.

Uniknya setiap perokok India ketika mereka mencoba menyalakan pemantik tersebut lantas termenung dan urung membakar rokok yang akan dihisapnya.

Mereka diam sejenak ketika mendengar kalimat ‘Raam Naam Satya Hai’ yang selalu dinyanyikan saat seseorang meninggal dan dimakamkan. Apakah lagu ini mengingatkan mereka akan kematian?

Mungkin cara kampanye India dalam mengurangi jumlah perokok dapat ditiru. Mereka membuktikan jika bahasa verbal jaul lebih efektif daripada peringatan tertulis atau gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda