Scroll to Top

Larangan Antirokok Bisa Memotivasi untuk Tidak Merokok di Rumah

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 15 Feb 2012

antirokokKebijakan larangan merokok sebenarnya memiliki implikasi positif bagi terhadap pencegahan penyakit yang muncul dari asap rokok. Bukan hanya perokok pasif saja yang terlindungi. Bahkan, perokok aktif pun bisa secara perlahan mengurangi konsumsi rokok mereka. Mereka menjadi tidak praktis sembarangan merokok di berbagai tempat.

Menurut tulisan dalam jurnal Tobacco Control, kebijakan larangan merokok di tempat umum turut pula mendorong seseorang untuk menerapkan aturan serupa di rumahnya. Perokok aktif seperti termotivasi agar orang-orang di rumahnya ikut merasakan nikmatnya sehat tanpa asap rokok.

Hal ini terlihat jelas dari survey yang dilakukan di Irlandia, Perancis, Jerman dan Belanda yang dilakukan pada tahun 2003-2004 dan 2008-2009. Dari 4.634 perokok yang menjadi responden, menunjukkan terjadinya kenaikan dari mereka yang juga menghindari merokok di rumah pasca diterapkan undang-undang antirokok. Dikutip Mirror, perokok yang tidak merokok di dalam rumah untuk Irlandia naik 25%, Prancis 17%, Jerman 38% , dan 28% di Belanda.

Sebelumnya dikhawatirkan, kebijakan antirokok akan mendorong orang untuk lebih sering merokok di dalam rumah. Ditengarai jika itu terjadi, akan semakin banyak keluarga yang terpapar oleh racun asap rokok. Hanya saja, penelitian ini menunjuk hal yang berbeda. Ternyata, ada kemajuan positif terhadap pemberlakuan aturan antirokok di tempat umum terhadap kehidupan keluarga yang perlahan bebas dari rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda