Scroll to Top

Google Webmaster Tools dan Analytics Menampilkan Statistik +1, Tweet dan Likes

By Rangga Permana / Published on Thursday, 30 Jun 2011

Mungkin anda sudah mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics, dua piranti yang menjadi salah satu bekal wajib bagi para web developer.

Sebagai gambaran umum, Google Webmaster Tools membantu membuat website yang anda kembangkan menjadi lebih ‘Google Friendly’. Sedangkan Google Analytics dapat memonitor statistik interaksi pengunjung secara mendetail pada website anda.

Mendekati diluncurkannya Google+, Google rupanya juga semakin serius berbenah untuk terjun ke kancah Social Media. Google baru-baru ini menanamkan fitur baru untuk dapat memonitor impact Social Media pada website anda.

google plus one metrics webmaster tools

Pada Google Webmaster Tools, kini anda dapat melihat statistik +1 Button pada website anda. +1 Button adalah fitur baru pencarian Google yang dapat anda gunakan untuk merekomendasikan hasil pencarian anda kepada teman-teman dalam daftar kontak Google anda.

+1 Button ini juga dapat di-embed ke dalam website anda sehingga pengunjung dapat merekomendasikan website anda. Dengan adanya fitur monitoring +1 Button ini, anda dapat mengukur statistik rekomendasi yang diberikan oleh pengunjung website anda.

social engagements analytics

Selain fitur diatas, anda juga dapat menggunakan Social Plugin Tracking dalam Google Analytics. Piranti ini memungkinkan anda untuk mengukur statistik interaksi Social Media dalam website anda. Tidak hanya +1 Button, tetapi juga tweets, Facebook Like, Facebook Sends, dan interaksi Social Media lainnya.

Plugin ini memberikan 3 jenis report, Social Engagement, Social Actions dan Social Pages. Social Engagement mengukur perubahan behavior kunjungan yang berasal dari Plugin Social Media. Social Actions memberikan gambaran mengenai tingkat interaksi Social Media dalam website anda. Sedangkan Social Page menampilkan halaman-halaman dalam website anda dan tingkat interaksi Social yang ada di dalamnya.

Piranti-piranti statistik tersebut diatas bertujuan untuk dapat membantu memberikan insight lebih mendalam atas interaksi Social Media dalam website anda. Di sisi lain bagi Google, diharapkan semakin banyak website yang mengimplementasikan fitur +1 Button. Dengan demikian tentunya, ‘kuku’ Google pun akan menancap semakin dalam di kancah Social Media.

Gambar screenshot di atas adalah statistik Sidomi.com berdasar Google Analytics dan Webmaster Tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda