Scroll to Top

Indonesia Peringkat FIFA Ke-146, Jerman Nomor Dua

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Feb 2012

Ada yang menarik dalam rilisan peringkat FIFA terbaru bulan ini. Zambia, negara yang baru saja membuka mata dunia dengan menjuarai Piala Afrika 2012, melakukan lompatan besar. Negara yang dilatih oleh Herve Renard, idola baru wanita penggila sepakbola, melonjak 28 peringkat. Kini mereka duduk di posisi 43 dengan mengantongi 630 poin.

Indonesia Timnas

Zambia mengukir prestasi tersendiri. Untuk pertama kalinya sejak Februari 2001 —atau 11 tahun lalu—, mereka mampu menembus posisi 50 besar.

Ketika Zambia sukses menanjak begitu tinggi, Pantai Gading yang disingkirkan mereka dalam drama adu penalti, cuma beranjak tiga tingkat. Pantai Gading yang dihuni pemain bintang Premier League seperti Gervinho, Yaya Toure, dan Didier Drogba kini berada di peringkat 15.

Yang menarik adalah posisi kedua dalam ranking FIFA. Jerman yang dihuni pemain-pemain muda, berhasil merampas runner-up dari tangan Belanda. Jerman mengumpulkan 1369 poin, 10 angka lebih baik daripada tim Oranje.

Peringkat pertama masih tetap dihuni oleh juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010, Spanyol. Tim Matador memiliki selisih poin yang begitu signifikan dengan Jerman. Perbedaannya nyaris mencapai angka 200; Spanyol mendapatkan 1566 poin.

Ketika negara-negara dunia berebutan di peringkat teratas, Indonesia untuk kesekian kalinya terjerembab. Timnas negara kita ada di peringkat 146 dengan 161 poin; alias turun 3 peringkat dari ranking FIFA bulan lalu.

Indonesia untuk kesekian kalinya kalah dari Vietnam (peringkat 100 FIFA) dan Thailand (peringkat 130).

Khusus untuk tingkat Asia (AFC), kita pun cuma duduk di peringkat 21. Margin kita dengan Australia, negara peringkat FIFA tertinggi dari Asia, begitu mencolok. Kita tertinggal 671 poin karena Australia mengantongi 832 angka.

Bahkan, dengan Vietnam yang ada di peringkat 14 AFC, timnas kita juga memiliki perbedaan yang cukup jauh, 186 angka. Vietnam mengumpulkan 347 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda