Scroll to Top

Kabel Fiber Optik Bisa Transfer Data 10.000 Kali Lebih Cepat

By Ivan Azzam / Published on Friday, 01 Jul 2011

kabel fiber opticsSekelompok tim riset dari North Carolina State University melakukan riset untuk meningkatkan kecepatan koneksi 10.000 kali lipat melalui kabel fiber optik.

Mengunjungi situs internet, melakukan panggilan telepon melalui internet, dan semua yang berkaitan dengan kegiatan online bergantung pada data yang dikirim dalam bentuk panjang gelombang  cahaya melalui jaringan kabel  fiber optik.

Cara kerjanya adalah, data melalui sebuah ring atau jaringan dimana ring itu berguna untuk memastikan informasi data terkirim diterima dengan baik di tujuan.

Pembangunan ring ini memakan waktu berhari-hari, namun karena teknik mencari solusi yang ada saat ini tidaklah cepat dan membuat data melewati bermil-mil kabel sebelum memutuskan mana kabel terbaik. Bayangkan cara kerja di atas seperti tikus tanah, yang berada di sarangnya di bawah tanah dengan banyak lubang yang digali oleh tikus tanah lain, dan tikus tanah ini mencari lubang mana yang menuju rumahnya.

Hal ini juga dipersulit dengan kenyataan bahwa ring koneksi tersebut harus dimodifikasi terus menerus sebagai respon terhadap bertambahnya trafik dan perubahan pola pengguna.

Untungnya periset dari NCSU sudah mengembangkan teknik yang membuat proses di atas 10.000 kali lebih cepat.

Dr. George Rouskas, seorang Profesor Jurusan Ilmu Komputer di NCSU mengatakan bahwa masalah tersebut yang biasanya memakan waktu berhari-hari kini bisa diselesaikan dalam beberapa detik saja, selain itu hal ini dapat menghemat sumber daya komputer yang digunakan yang berarti mengurangi biaya, dan bagi penyedia layanan internet (ISP provider) bisa lebih cepat tanggap pada permintaan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda