Scroll to Top

Ternyata Banyak Alkoholik Tidak Tahu Risiko Minum Alkohol

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 16 Feb 2012

alkoholik

Sebuah kampanye kesehatan di Inggris menyoroti bahaya minum alkohol walau hanya minum dua gelas per hari. Menurut iklan layanan masyarakat itu, hanya dengan dua gelas anggur setiap hari, sudah cukup membuat seseorang mengalami peningkatan risiko kanker mulut hingga tiga kali lipat.

Sebuah survey yang menjadi landasan dimulainya kampanye ini, mengatakan, ada banyak kerugian yang mengarah pada kanker sementara pelakunya ternyata tidak menyadarinya. Perkembangan sel kanker mengganas perlahan sampai pelakunya menerima kenyataan bahwa dirinya telah mengidap kanker ganas.

Dari rilis Independent, sebanyak 2.000 responden alkoholik yang dilibatkan penelitian, 85 persen tidak tahu jika rutin mengonsumsi alkohol berisiko terkena kanker payudara. Ada 65 persen yang tdak sadar alkohol menyebabkan kanker usus. Dan, sekitar 63 persen tidak tahu akibat alkohol pada masalah pankreas.

Sementara itu, responden yang tidak tahu pengaruh alkohol terhadap hipertensi sebanyak 30 persen. Sekitar 37 persen dari mereka bahkan tidak mengerti kalau kesuburan akan terganggu akibat minum alkohol. Terakhir, ada 57 persen responden tidak sadar jika minuman keras menyebabkan kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker leher.

Berbagai pengaruh buruk alkohol inilah yang mesti disosialisasikan segera kepada alkoholik. Bisa jadi keengganan mereka untuk meninggalkan alkohol sebenarnya dipicu oleh ketidakpahaman kerugian mengonsumsi air memabukkan itu. Padahal, risiko kesehatan yang serius telah menanti.

Alkohol dapat meningkatkan risiko tujuh jenis kanker, termasuk dua dari jenis yang paling umum – payudara dan kanker usus. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa hampir 12.500 kanker di Inggris setiap tahun disebabkan oleh. Alkohol,” kata Sarah Lyness, dari Cancer Research UK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda