Scroll to Top

Empat Energi Alternatif Potensial di Masa Depan

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 16 Feb 2012

Masalah besar umat manusia saat ini berkaitan dengan sumber daya energi? Ketergantungan berlebih pada batu bara sebagai sumber utama. Maka dari itu, peneliti di seluruh dunia mencari cara sumber energi yang lebih ramah lingkungan, dan lebih efisien. Di bawah ini ada empat sumber energi alternatif yang berpotensi di masa depan:

Masa depan

Panas Tubuh

Di Swedia, sebuah perusahaan bernama Jernhusen menggunakan panas tubuh dari para orang-orang yang bepergian di stasiun kereta di Stockholm. Panas tubuh tersebut nantinya dijadikan sumber tenaga bagi gedung-gedung sekitar tersebut. Yang jelas, dari panas tubuh tersebut, ternyata bisa digunakan untuk memberi energi bagi bermacam barang, sebut saja smartphone, atau tablet.

Nanoteknologi

Nanoteknologi ternyata juga memiliki potensi sebagai sumber energi di masa depan. Beberapa contoh dari kemajuan nanoteknologi adalah, kita bisa periksa darah cukup dengan sebuah chip saja, selain itu, nyatanya memang pelaku industri juga tertarik potensi nanoteknologi ini.

Potensi nanoteknologi sebagai sumber energi ada pada partikel seng oksida (zinc oxide) yang dipadukan dengan alumunium, di mana partikel tersebut bisa menghasilkan listrik, yang menjadi perhatian peneliti adalah bagaimana menggunakan nanoteknologi untuk menjadi sumber energi bermacam perangkat elektronik. Yah kita tunggu saja kelanjutannya mengenai nanoteknologi ini.

Pedal/Energi Kinetik

Rasanya prediksi IBM mengenai energi kinetik sebagai salah satu sumber tenaga di masa depan cukup beralasan. Berkaitan dengan energi kinetik, pedal sepeda ternyata bisa digunakan untuk mengumpulkan energi, di mana penggunaannya adalah menghubungkan sepeda yang dimodifikasi ke generator. Di bawah ini ada video mengenai penggunaan energi dari pedal sepeda:

Setelah dihubungkan dengan generator, maka peralatan seperti mesin cuci, atau ponsel, bahkan lampu bisa menyala dengan ini. Menarik ya?

Termodinamika

Dengan menggunakan semacam benda yang disebut batu termodinamik, batu tersebut akan mentransfer panas di mana panas ini akan menjadi semacam sumber energi. Batu termodinamik ini dibuat dari stainless steel dan material penyerap panas.

Nah, akankah keempat sumber energi alternatif tersebut bisa diproduksi dan digunakan secara massal nantinya? Kita lihat saja nanti. (via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda