Scroll to Top

Mask-Bot: Robot Dengan Wajah Mirip Manusia

By Moch Ridwan / Published on Friday, 17 Feb 2012

robot dengan ekspresi wajah

Dua ilmuwan dari Jerman dan Jepang sukses membuat robot wajah plastik yang diberi nama Mask-Bot. Dengan menggunakan proyektor yang diarahkan ke topeng wajah 3D serta sebuah komputer untuk mengontrol suara dan expresi wajah, wajah Mask-Bot pun bisa memiliki ekspresi seperti layaknya manusia.

Adalah Prof Gordon Cheng dan Dr. Takaaki Kuratate yang tergabung dalam proyek CoTeSys, Munich’s Robotics Cluster of Excellence menciptakan Mask-Bot yang dapat menampilkan bentuk wajah dalam plastik tiga dimensi dimana raut wajahnya bisa dirubah-rubah sesuai dengan keinginan.

Kunci dari perubahan yang terjadi ini menurut Cheng terletak pada proyektor di belakang topeng plastik yang bisa menciptakan ekspresi wajah yang bisa dilihat dari segala penjuru. Konsep yang dipakai mirip proyektor film layar lebar.

Untuk menciptakan ekspresi wajah, Kuratate mengembangkan sebuah sistem animasi dimana sistem ini bisa memfilter sejumlah pergerakan wajah yang diperoleh dari data yang sebelumnya telah dikumpulkan. Komputer kemudian memprogram setiap ekspresi wajah ini dan menciptakan ekspresi wajah sesuai dengan keadaan emosi yang ingin disampaikan apakah senang, sedih, atau marah.

Saat Kuratate melakukan perbincangan dengan Mask-Bot sebagai contoh dengan mengatakan kata ‘pelangi’, si robot Mask-Bot pun mengangkat alisnya dan merespon dengan mengeluarkan suara yang sangat mengagumkan. Layaknya seorang yang memiliki pengethauan dengan sedikit mengangkat kepalanya serta merapatkan kedua alisnya sembari memberikan jawaban, ‘pada saat sinar matahari mengenai tetesan air hujan, maka air hujan ini bisa perperan seperti sebuah prisma hingga terbentuklah pelangi,”

Mask-Bot juga bisa mereproduksi suara yang dihasilkan dengan mengetikkan kata yang diketik via keyboard dengan menggunakan bahasa Inggris, Jepang, sekaligus Jerman. Meskipun Mask-Bot belum bisa mengerti banyak kata yang dikatakan kepadanya tapi Cheng dan Kuratate yakin bahwa robot wajah ciptaannya ini akan mengubah cara bagaimana manusia berkomunikasi dengan robot dimasa mendatang hingga robot akan tampak lebih manusiawi. Penerapan lainnnya adalah sebagai pengganti avatar yang bisa dipergunakan saat kita melakukan video konferen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda