Scroll to Top

iOS Ternyata Juga Rentan Terhadap Malware Layaknya Android

By Ivan Azzam / Published on Friday, 17 Feb 2012

Siapa yang tidak kenal Android atau iOS? Dua sistem operasi mobile ini saling bersaing merebut posisi sebagai sistem operasi mobile terpopuler. Tentu masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Malware

Namun rupanya mereka memiliki satu musuh besar yang sama, yaitu malware. Sebuah perusahaan bernama Juniper Networks melakukan studi terhadap malware. Android menurut mereka merupakan sistem operasi yang banyak memiliki aplikasi jahat (malware yang menyamar) di Android Market.

Tapi ternyata bukan Android saja yang berpotensi memiliki malware, iOS ternyata memiliki resiko terkena malware dalam App Store miliknya. Keadaan ini juga diperburuk dengan adanya cacat keamanan pada iOS. Cacat keamanan ini ditemukan pada November lalu. Jadi teringat dengan penemuan celah oleh Microsoft rasanya.

Untungnya Apple sudah menambal cacat tersebut pada versi iOS 5.0.1. Selain itu, Apple juga tidak memberi sarana alat pada developer agar mereka membuat aplikasi anti-malware. Selain itu, jailbreak membuka potensi terhadap malware untuk menginfeksi iOS dibanding dengan iOS yang “murni”. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda