Scroll to Top

Pemain Debutan Mencetak 20% Gol Barcelona Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 17 Feb 2012

Ketajaman insting Barcelona dalam membeli pemain musim ini terbukti ampuh. Mereka menghadirkan Alexis Sanchez dari Udinese dengan harga 37 juta Euro dan Cesc Fabregas dari Arsenal dengan harga 35 juta Euro. Belanja dengan budget besar hanya untuk dua pemain ini terbukti ampuh. Alexis dan Cesc berkontribusi besar untuk El Barca.

Alexis Sanchez Cesc Fabregas

Hingga pertandingan menghadapi Bayer Leverkusen di Bay Arena, Alexis Sanchez sukses mencetak 11 gol. Fabregas yang kisah hidupnya bagaikan Musa yang kembali ke pelukan sang ibu setelah dirawat Firaun Mesir, mengoleksi 15 gol. 26 gol yang dicetak mereka berkorelasi dengan 20% gol Barcelona musim 2011/2012. El Barca sendiri, hingga pertandingan ke-41 mampu mengemas 124 gol.

Kesuburan dua pemain debutan ini belum ditambah dengan aksi-aksi pemain junior Barcelona yang mentas di La Liga untuk pertama kalinya. Thiago Alcantara yang musim ini menjadi pilihan utama Pep Guardiola, mampu mengemas 3 gol.

Isaac Cuenca si anak ajaib bisa memborong 4 gol. Jangan lupakan pula Cristian Tello yang sudah membukukan 4 gol pula. Terakhir, nama Sergi Roberto juga layak masuk dengan dua golnya; satu di Copa del Rey dan satu di Liga Champions.

Khusus untuk Cesc dan Sanchez yang berlabel pemain debutan, persentase mereka lebih baik daripada pemain debutan El Barca musim lalu. Musim 2010/2011, ada Javier Mascherano, David Villa, Ibrahim Afellay, dan Adriano. Keempat pemain ini cuma berkontribusi 18% dari total gol Barcelona musim lalu.

Jika diukur dari jumlah gol, duo Fabregas-Sanchez juga (hampir pasti) lebih baik daripada pemain baru Barcelona musim lalu. Musim 2010/2011, para pemain debutan Barcelona cuma mengoleksi 26 gol —setara dengan jumlah yang dicetak Fabregas dan Alexis sejauh ini. Mengingat masih ada minimal 20 pertandingan lagi, peluang Fabregas dan Sanchez menambah gol di atas angka 30 sangat terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda