Scroll to Top

Nomofobia: Rasa Takut Jika Tidak Membawa HP

By Melissa / Published on Friday, 17 Feb 2012

Nomofobia

Banyak orang yang mengidap fobia tertentu, seperti klaustrofobia (takut pada tempat yang sempit dan tertutup) atau akrofobia (takut pada ketinggian).

Selain berbagai fobia yang umum terjadi, sekarang muncul fobia ‘modern’ yaitu nomofobia, rasa takut yang muncul apabila tidak membawa telepon genggam.

Nama nomofobia sendiri diambil dari singkatan “no-mobile-phone phobia“.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh SecurEnvoy di Inggris, 2 dari 3 orang dewasa ternyata menderita fobia ini.

Dari 1000 orang yang diwawancarai, 66% di antaranya mengaku bahwa mereka merasa khawatir apabila tidak membawa telepon genggam mereka.

Hasil ini meningkat sebanyak lebih dari 50% sejak fobia ini teridentifikasi 4 tahun yang lalu.

Insidens nomofobia paling sering terjadi pada rentang usia 18 – 24 tahun (77%) diikuti 25 – 34 tahun (68%) dan terakhir usia lebih dari 55 tahun.

Para wanita lebih sering khawatir jika lupa membawa HP (70%) dibanding pria (61%), namun SecurEnvoy menyatakan perbedaan pria dan wanita ini mungkin terjadi karena biasanya pria membawa lebih dari 1 HP.

Peningkatan kasus nomofobia yang terjadi semakin menunjukkan bahwa manusia semakin tergantung dengan perangkat ini.

Namun apakah nantinya nomofobia ini akan terus berkembang seperti fobia-fobia lainnya yang sering ditemukan tentunya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa terjangkit nomofobia?

(via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda