Scroll to Top

Penyebab Kemandulan Wanita: Kafein. Hindari Kopi!

By Ilham Choirul / Published on Friday, 01 Jul 2011

mandul tidak suburBuat para wanita penikmat kopi, waspadalah terhadap efek kopi untuk kesuburan Anda. Karena, kandungan kafein dapat mengganggu kesuburan dengan mengurangi aktivitas otot-otot di saluran tuba yang membawa sel telur dari indung ke rahim. Demikian rilis penelitian yang diterbitkan British Journal of Farmakologi.

Menurut peneliti Sean Ward, dari University of Nevada School of Medicine, kafein dapat menghambat kontraksi di tuba falopi yang membuat sel telur tidak dapat diangkut. “Jika sel selur tidak bisa dibawa ke rahim, seorang wanita akan memiliki¬† risiko ketidakberhasilan dalam kehamilan. Atau, dia akan berisiko mendapatkan kehamilan ectopic, yaitu embrio macet dan berkembang di tuba falopi,” tutur Ward, sebagaimana dikutip Myhealthdaily

Penelitian ini diujicobakan pada saluran tuba tikus. Hasilnya, otot-otot di tuba tersebut menjadi rileks ketika diberikan kafein.  Ward mengatakan, infertilitas pada tikus ini setara dengan kafein yang didapatkan pada secangkir kopi untuk manusia. Dan, kafein yang dimaksudkan tidak hanya terbatas pada kopi, melainkan unsur kafein pada umumnya. Namun, masih perlu penelitian lanjut untuk mengetahui seberapa besar dosis kafein yang bisa merusak kesuburan manusia.

“Itu tergantung pada seberapa lama kafein mempengaruhi Anda, dan kemudian juga efek hilirnya yang merupakan proses tubuh terpengaruh oleh efek kafein dalam tubuh,” ujar Ward.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda