Scroll to Top

Sering Berkirim SMS dapat Merusak Kemampuan Membaca

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Bahaya SMS

Apakah Anda sering ber-SMS? Alangkah baiknya untuk mengurangi aktivitas tersebut. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika kegiatan ini dapat merusak kemampuan membaca.

Para peneliti mencoba untuk membandingkan kemampuan membaca antara pengguna telepon genggam yang kerap ber-SMS dengan mereka yang gemar membaca koran dan buku.

Menurut mereka, orang yang membaca ‘teks konvensional’ laiknya buku, majalah, dan surat kabar jauh lebih nyaman dalam memahami kata-kata serta kalimat yang ada.

“Asumsi kami jika pesan SMS akan membuat pertumbuhan bahasa yang tak terbatas. Dan akan muncul lahirnya penggunaan bahasa slang,” ujar Joan Lee dari Universitas Calgary.

Masih menurutnya bahas di media cetak laiknya buku, koran, dan majalah memiliki variasi serta kreativitas yang tidak dimiliki pada bahasa SMS.

Dan bahasa SMS hanya terkelompok serta komunikasi ini biasanya dipahami oleh orang-orang tertentu saja. Namun menurut pujanggan Inggris ia menyakini jika SMS sangat mirip dengan puisi.

Carole Ann Duffy nampaknya tidak senada dengan Joan Lee.

“SMS laiknya sebuah puisi. Kalimat yang tertata memiliki karakter yang terbatas. Sangat mirip sebuah pusis,” papar Carole Ann Duffy.

Joan Lee tidak menyerah. Ia bersikukuh jika pengguna SMS akan mengalami kesukaran dalam belajar kata-kata baru. Sebab bahasa SMSsangat stagnan atau tidak berkembang.

“Orang-orang akan menerima kosa kata baru dan mereka akan belajar atau mencari tahu apa maknanya. Mereka mencoba menafsirkannya. SMS menggunakan bahasa kaku,” jelas Joan Lee.

Apakah Anda setuju dengan anggapan Joan Lee? Patut diketahui, salah istilah kata dalam pesan instan ‘LOL’ kini telah masuk dalam Kamus Bahasa Inggris.

Bisa jadi di kemudian hari nantinya salah satu istilah dalam SMS juga akan masuk Kamus Besar entah itu bahasa manapun di dunia. Namun untuk istilah dalam bahasa alay, nampaknya hal tersebut tidaklah mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda