Scroll to Top

Stresnya Kerja 11 Jam Sehari Bisa Dua Kali Lipat

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Batasi aktivitas kerja Anda. Kerja 8 jam sehari itu sebenarnya sudah menguras energi fisik dan pikiran. Apalagi jika Anda mesti bekerja sampai 11 atau 12 jam sehari, semakin habis energi Anda yang justru membawa pengaruh buruk bagia kesehatan fisik dan mental.

depresi

Penelitian dari Finnish Institute of Occupational Health dan University College London, mengungkapkan, ada risiko depresi berat yang akan dialami orang yang bekerja lebih dari 11 jam per hari. Kelelahan mental jauh akan lebih terasa dialami orang seperti ini dibandingkan dengan mereka yang bekerja 7-8 jam.

Bisa jadi bekerja lebih panjang akan memberikan efek pada finansial. Namun, justru itu membuat kerugian bagi kesehatan yang mungkin berimplikasi  jangka panjang.

“Meskipun kadang-kadang bekerja lembur mungkin memiliki manfaat bagi individu dan masyarakat, penting untuk menyadari bahwa jam kerja yang berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi berat,” kata Dr Marianna Virtanen, sang peneliti, seperti dikutip Times of India.

Stres juga diduga kuat memberikan pengaruh pada masalah jantung. Tekanan pikiran membuat tekanan darah ikut naik yang memengaruhi kesehatan jantung. Jika seseorang juga memiliki kolesterol tinggi, stres berat akan menjadi ancaman dalam meningkatkan risiko stroke.

Peneliti mengemukakan, mungkin hasil tersebut berbeda jika dikaitkan dengan kebijakan untuk lembur yang belum terstandar tiap perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda