Scroll to Top

Facebook Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

By Melissa / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Facebook Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Royal College of Psychiatrists, perhimpunan psikiater Inggris telah bekerjasama dengan Royal Australian and New Zealand College of Psychiatrists untuk memeriksa kemungkinan dilakukannya terapi mental melalui situs jejaring sosial seperti Facebook.

Sebelumnya, mereka telah membentuk sebuah grup khusus yang berfokus pada kesehatan jiwa anak muda.

Profesor Jane Burns, kepala Young and Well Cooperative Research Centre di Melbourne, Australia mengakui bahwa para psikiater masih jauh tertinggal dalam memahami hubungan anak muda dengan internet.

Ia menambahkan bahwa anak muda tidak membagi dunia mereka sebagai dunia nyata atau maya, tetapi mereka menggunakan dunia maya untuk berkomunikasi, bergaul dan berbagi informasi ke dunia nyata.

Perilaku cyber-bullying dan gangguan makan yang banyak terdapat di internet memang memperburuk citra dunia maya, namun bukan berarti internet tidak dapat dimanfaatkan untuk meningkatan kesehatan mental anak muda.

Profesor Burns menekankan bahwa terapi dengan obat-obatan maupun terapi psikologis sangat berhubungan erat dengan percakapan yang sesuai konteks kehidupan anak muda.

Ia menambahkan bahwa sudah ada konseling online yang menyediakan pelayanan kesehatan mental untuk para anak muda dalam bentuk blog dan grup Facebook.

Dengan membanjirnya informasi di internet, akan sangat sulit bagi anak muda untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat dan dapat dipercaya.

Profesor Burns juga mengkhawatirkan keamanan di jejaring sosial yang dapat membahayakan para anak muda apabila mereka tidak menjaga profil maya mereka dengan baik.

Ia ingin menciptakan konsep “online triage” di mana anak muda merasa nyaman untuk bertanya berbagai hal mengenai kesehatan mental, mendapatkan pemeriksaan yang layak beserta bantuan yang mereka butuhkan.

Dengan adanya kemungkinan terapi mental yang dapat dilakukan melalui jejaring sosial, diharapkan internet tidak hanya dijadikan ‘kambing hitam’ atas berbagai peristiwa buruk di dunia nyata, namun internet dapat dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kesehatan mental para penggunanya.

(via ABC News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda