Scroll to Top

Minum Soda Diet Bukan Berarti Lebih Sehat

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 19 Feb 2012

Penggemar minuman soda mungkin berpikir bisa menghentikan laju obesitas mereka menggunakan soda diet. Konon minuman ini sudah diatur sedemikian rupa untuk kandungan kalorinya sehingga tidak terlalu berdampak pada kegemukan.

diet soda

Boleh jadi itu benar. Hanya saja, soda diet malah melahirkan masalah baru dengan ditemukannya indikasi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Hal ini dikemukakan peneliti dari University of Miami Miller School of Medicine yang dilansir Journal of General Internal Medicine.

Gardener Hannah, sang peneliti, mengungkapkan, temuan ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada 2.564 orang dewasa di New York selama satu dekade. Usia rata-rata saat dijadikan sempel adalah 69 tahun. Dan, setelah 10 tahun berjalan, sebanyak 591 pria dan wanita meninggal akibat masalah kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

Setelah ditelisik lebih dalam, dari mereka yang meninggal ini ada 31 persen atau 163 orang adalah penggemar minuman soda diet pada saat awal penelitian. Ada 22 persen yang mengalami masalah kardiovaskular di luar kebiasaan minum soda diet.

Peneliti pun berkesimpulan, minum soda diet secara rutin bisa meningkatkan risiko terkena masalah kardiovaskular hingga 44 persen. Menurut mereka, peminumnya cenderung punya gejala yang membuat risiko tersebut lebih mungkin terjadi, dengan dideritanya hipertensi dan gula darah tinggi.

Dengan demikian, baik soda biasa dan soda diet sama bahayanya bila konsumsi dilakukan dengan rutin. Soda biasa bahkan kalorinya lebih tinggi. Dikutip Reuters, penelitian ini masih membutuhkan studi lanjutan untuk melihat seberapa jauh pengaruh soda pada masalah kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda