Scroll to Top

John Kei, Tokoh Maluku Yang Diduga Terlibat Pembunuhan

By Ika / Published on Sunday, 19 Feb 2012

Baru-baru ini santer terdengar kabar bahwa Alba Fuad, artis era 80-an ikut tertangkap bersama John Kei di Hotel C’one, Pulomas, Jakarta Timur. Alba Fuad ditangkap setelah sebelumnya sempat mengonsumsi shabu-shabu bersama John Kei.

Lalu siapa John Kei sebenarnya? John Kei adalah seorang tokoh Maluku bernama asli John Refra. Ia diduga terlibat kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel, Tan Harry Tantono alias Ayung. Tan Harry sendiri ditemukan tewas dengan luka tusukan di Swiss Bell Hotel, Jakarta Pusat, pada 26 Januari lalu.

John Refra

John Kei diduga terlibat pembunuhan setelah polisi mendapat keterangan dari lima tersangka lain yang sudah diamankan polisi lebih dulu. Dugaan polisi tentang keterlibatan John Kei juga semakin kuat karena adanya bukti CCTV dari hotel tempat Tan Harry dibunuh.

Setelah mengumpulkan berbagai informasi, akhirnya Polda Metro Jaya mengerahkan 75 personelnya untuk menangkap John Kei di Hotel C’one. Puluhan personel itu yang dikerahkan sudah sesuai prosedur dan sebagai bentuk antisipasi.

“Polisi mengantisipasi ada perlawanan dari JK dan teman-temannya,” kata Kombes Rikwanto, juru bicara Polda Metro Jaya.

Penangkapan John Kei sendiri berlangsung sekitar 15 menit. Menurut keterangan polisi, John Kei sempat melawan hingga terpaksa ditembak di bagian kaki.

John Kei

Adik John Kei, Tito Refra, yang kebetulan juga berada di lokasi untuk kepentingan lain ikut menceritakan kejadian penangkapan tersebut. Ia mengungkapkan ada banyak polisi yang mendadak masuk hotel. Beberapa dari mereka juga mendatangi Tito dan menanyakan di mana kakaknya.

“Polisi kira-kira ada seratus. Semua turun bersamaan masuk hotel, sudah seperti mau tempur. Semuanya berpakaian preman,” katanya. “Mereka bertanya di mana John. Saya jawab tidak tahu.”

Tito akhirnya mengikuti para polisi, namun kemudian terdengar suara tembakan satu kali. Berikutnya, John Kei sudah dibopong dengan kedua tangan diborgol dan kaki kanan yang tertembak. Tito sempat ingin mendampingi kakaknya yang dimasukkan ke mobil APV, tapi ia dihalangi oleh beberapa polisi. Setelah itu John Kei pun dibawa ke Markas Polda Metro Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda