Scroll to Top

Sejarah Mac OS Dari Masa ke Masa

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 19 Feb 2012

Tentu anda sudah akrab dengan sistem operasi yang satu ini. Sistem operasi yang dikenal sebagai salah satu OS yang cantik, elegan, dan tentunya mahal adalah salah satu OS besar, bersaing dengan Windows dan Linux.

Apa lagi yang dimaksud kalau bukan Macintosh atau yang biasa disebut Mac OS? OS besutan Apple ini mendapat tempat tersendiri di penggemar setianya. Nah, mungkin di antara anda penasaran dengan sepenggal sejarah dari perkembangan Mac OS itu sendiri? Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS:

24 Januari 1984

Mac pertama

Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain.

Januari 1986

System 3 dirilis, dan di OS ini, file system ala hirarki (seperti di Mac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan.

13 Mei 1991

System 7 dirilis. System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.

Januari 1997

Mac OS 7.6 dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.

22 Juli 1997

Macintish OS 8

Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam bulan saja.

23 Oktober 1999

OS 9

Mac OS 9 dirilis. Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X.

24 Maret 2000

Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac terlihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheetah.

23 Agustus 2002.

Mac OS Jaguar

Mac OS X 10.2 dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar.

29 April 2005

Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger adalah versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjualnya sebanyak 2 juta kopi dalam jangka enam minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama dengan menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan PowerPC.

26 Oktober 2007

osx leopard

Mac OS X 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder, dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine.

20 Juni 2011

os lion

Mac OS X 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. Selain itu, Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.

16 Februari 2012

Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada di sini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.

Nah, sekianlah sejarah dari Mac OS itu sendiri, tertarik untuk memiliki sistem operasi elegan ini? (via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda