Scroll to Top

Mclaren Tak Khawatir Tak Miliki Stepped Nose

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 19 Feb 2012

McLaren Mercedes MP4-27 Launch, McLaren Technology Centre, Woking, England, 1 February 2012.

Tidak seperti kebanyakan tim Formula Satu di tahun 2012 ini yang mengadopsi desain stepped nose atau yang biasa disebut hidung platypus atau hidung bebek pada kendaraan mereka, Mclaren MP4-27 tetap dalam ciri khasnya yakni sebuah mobil dengan desain yang indah dan elegan.

Mclaren menjadi satu-satunya tim peserta Formula Satu yang mempertahankan model garis aerodinamis lembut dari kokpit ke bagian hidung mobil. Meski terlihat enak dipandang, beberapa orang berpendapat bahwa Mclaren telah membuat kesalahan terbesarnya di awal musim.

Hal tersebut terang saja langsung dibantah oleh Martin Whitmarsh selaku prinsipal tim. “Saya telah bertanya kepada orang-orang teknis kami jika mereka yakin bahwa kami telah melakukan hal yang benar dan mereka memberi tahu ku untuk tidak khawatir”, terang Whitmarsh.

Menurut Whitmarsh, stepped nose memang memiliki keunggulan dari sisi aerodinamika. Akan tetapi ia meyakini Mclaren punya lebih banyak lagi keunggulan dari desain mereka.

“Kami memiliki titik grafitasi yang lebih rendah, gometri suspensi yang lebih bebas, posisi duduk yang lebih nyaman dan pandangan yang lebih baik bagi pembalap. Mobil ini adalah evolusi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda