Scroll to Top

DARPA Membuat Robot Prajurit Kendali Jarak Jauh

By Ivan Azzam / Published on Monday, 20 Feb 2012

Sudah pernah menonton “Surrogates”, film yang mengisahkan tubuh pengganti yang dimainkan oleh Bruce Willis? Atau sudah menonton “Avatar” serta “Terminator” yang disutradarai oleh James Cameron? Kalau ketiganya sudah, mungkin anda akan terkesan dengan yang satu ini.

Robot kendali jarak jauh

Pasalnya, robot yang satu ini menggabungkan ketiga elemen dari film tersebut. DARPA, lembaga dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi baru untuk kepentingan militer bertanggungjawab atas hal tersebut.

Mereka mengembangkan robot humanoid di bawah nama proyek “Avatar” dan memiliki dana sebesar 7 juta dolar. Proyek Avatar ini bertujuan untuk membuat robot militer yang bisa dikendalikan dari jauh dan menggantikan tentara manusia dalam menjalankan tugasnya. Jelas sudah bahwa dengan adanya robot ini, resiko akan terlukanya para tentara menjadi berkurang.

Beberapa tugas dari para robot ini (atau yang DARPA sebut sebagai mesin bipedal semi-otomatis) adalah termasuk bersih-bersih dan penyelamatan secara cepat dari tentara yang terluka. Yang jelas, jika semuanya lancar, mungkin dalam waktu beberapa tahun lagi tentara manusia AS akan digantikan dengan para “Avatar” ini. Proyek ini akan dijalankan 2013 nanti. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda