Scroll to Top

Barcelona vs Valencia 5-1: Empat Gol Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 20 Feb 2012

Tekanan sempat melanda Barcelona. Sang rival abadi sehari sebelumnya menghajar Racing Santander 4-0. Terpaut sementara 13 angka dan mesti memenangi laga, El Barca sempat menciut nyalinya kala Valencia unggul 0-1 terlebih dahulu. Namun, di sinilah tuah Lionel Messi bekerja. 4 gol diborongnya untuk membenamkan Pasukan Mestalla 5-1.

Barcelona vs Valencia 5-1

Tampil tanpa Dani Alves dan Javier Mascherano, plus Xavi Hernandez yang duduk di bangku cadangan lebih dahulu, Barcelona kecolongan gol Pablo Piatti. Tembakan kaki kiri Piatti menerima umpan silang Sofiane Feghouli meluncur ke tengah gawang Victor Valdes di menit 9.

Barcelona butuh waktu hingga menit ke-20 untuk menyamakan kedudukan.  Umpan silang Pedro Rodriguez salah diantisipasi oleh Adil Rami. Messi datang dari belakang dan menghukum kelalaiannya untuk mengoyak gawang Diego Alves.

Lima menit kemudian, Messi membalikkan keadaan setelah merebound bola tembakannya sendiri dari jarak yang begitu dekat. Lagi-lagi, ketidaksigapan bek Valencia dan ketepatan posisi sang mesiah membantu lahirnya gol Barcelona.

Unggul lebih dahulu, lantas dibalas dengan 2 gol dalam waktu singkat, membuat mental Valencia yang menjulang, seperti jatuh ke dasar tanah. Meski babak pertama tidak ada gol tambahan yang tercipta, Barcelona terus menggila di 45 menit kedua.

Lionel Messi 3

Pasukan Pep Guardiola terus mengetuk pintu gawang Valencia. Namun, gol baru lahir kembali di 15 menit sisa pertandingan. Lagi-lagi Messi membungkam Diego Alves dengan tembakan rebound hasil aksi Cristian Tello yang tak bisa diamankan sang kiper.

Menit 86, giliran Sergio Busquets yang membantu Messi. Umpan terobosannya dibaca dengan baik oleh sang nomor 10 sebelum Messi menchip bola untuk menghukum Diego Alves kesekian kali.

Hadirnya Xavi di 6 menit terakhir, menjadi mimpi buruk Valencia. Umpan terobosan Messi yang gagal disapu dengan bersih Adil Rami, dikonversi dengan baik oleh sang jenderal untuk membukukan gol kelima Barcelona; sekaligus gol ke-11 Xavi sepanjang musim ini saja.

Kini, perbedaan dengan Real Madrid memang masih mencolok, 10 angka. Namun, dengan penampilan luar biasa Barcelona dalam dua laga terakhir –termasuk melawan Bayer Leverkusen di Liga Champions— Barcelona menunjukkan bahwa sang juara bertahan belum mau menyerah.

Barcelona Valencia
32(15) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 3(3)
6 Pelanggaran 15
11 Tendangan Sudut 1
2 Offsides 5
64% Ball Possession 36%
0 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
2 Penyelamatan 10

http://www.youtube.com/watch?v=21vMWmQleO8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda