Scroll to Top

Akankah Google Menjadi ‘The Next Foursquare’

By Moch Ridwan / Published on Monday, 20 Feb 2012

Ekspansi yang dilakukan oleh Google terhadap media sosial rupanya semakin luas saja. Pertama mereka meluncurkan Google+, dan kini mereka mengeluarkan Leaderboard yaitu fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan check-in lokasi via Google Latitude.

google leaderboard

Pekan lalu penguasa mesin pencari di dunia maya ini merilis Google Maps untuk Android yang dilengkapi dengan fitur-fitur mirip dengan yang ada di Foursquare. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini memang tidak secara resmi mengumumkan bahwa mereka mereka akan menyaingi Foursquare. Namun penambahan Leaderboard pun di masukan secara diam-diam, bahkan menu baru inipun tak muncul dalam update Google Maps.

Google hanya mengatakan bahwa mereka hanya memperbaiki ‘bugs’ dan meningkatkan performa baterai untuk pengguna Latitude dan Location History. Yang penting diketahui juga adalah Leaderboard hanya tersedia di Google Maps versi paling gress, serta tidak semua orang bisa mengakses fitur baru ini.

Mashable telah mencoba fitur Latitude Leaderboards menggunakan smartphone Android. Fitur baru ini akan bisa terakses jika pengguna menggunakan Google Latitude. Pengguna Maps juga bisa berbagi lokasi mereka-bahkan untuk jangka waktu sethaun kebelakang dengan Google Latitiude app. Setelah mereka check-in maka pengguna mendapatkan poin dan kemudian akan dinavigasi ke halaman Leaderboard, untuk mengetahui perbandingan peringkat dengan teman lainnya yang ada di Google+.

Disamping itu terdapat pula halaman yang menunjukkan peringkat secara global dari seluruh pengguna berdasarkan check-in poin yang mereka lakukan. Pengguna yang memperoleh poin tertinggi akan mendapatkan mahkota sekaligus berada di posisi pertama. Leaderboard tidak memiliki walikota seperti yang terdapat di Foursquare.

So, apakah Anda tertarik untuk mencicipi Leaderboard?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda