Scroll to Top

Hacker Serang Situs Perbankan Israel

By Ibnu Azis / Published on Monday, 20 Feb 2012

Peretas

Bank Hapoalim salah satu bank di Israel dikabarkan telah diserang oleh kelompok hacker Iran. Sebelumnya bank ini juga diserang secara bergantian oleh hacker Israel dan Arab Saudi.

Kabar ini pertama kali terhembus oleh sebuah blog teknologi Israel NewsGeek. Blog tersebut menuliskan jika salah satu lembaga Israel tengah dibombardir oleh beberapa hacker.

Dan bahkan sejak 3 Januari 2012 silam, hacker Arab Saudi dan Israel secara bergilir terus menggempur situs pemerintah resmi, mengincar pengguna Facebook, serta membeberkan informasi kartu kredit.

Ketika tidak ada tindakan atas aksi hacker Arab Saudi dan Israel, kini semua mata tertuju ke ulah hacker Iran. Menurut editor NewsGeek, Yani Feldman, serangan ini sebagai aksi balas dendam atas peristiwa Stuxnet.

“Sumber kami menyatakan Bank Hapoalim bukan bukan menjadi korban pertama dari serangan hacker Iran. Beberapa lembaga publik telah terinfeksi dalam akhir pekan ini,” papar Yani Feldman.

Ia menambahkan, modus hacker tersebut dalam masuk ke sistem bank sangat sederhana. Mereka mengirimkan email yang tersemat lampiran PowerPoint. Dan ketika karyawan bank mengunduhnya, maka virus akan tersebar.

“Serangan ini sebagai balasan dari aksi Stuxnet yang telah menginfeksi hingga 16.000 lebih komputer di Iran,” tambah Yani Feldman.

Menurut Aarutz Sheva, pejabat keamanan setempat yang melakukan melacak serangan tersebut, jika aksi ini kembali ke server di Iran.

Namun server Iran mungkin memiliki proxy tertentu. Serangan itu berusaha untuk mengambil informasi pengguna termasuk alamat email dan rumah.

Namun ia menegaskan jika informasi nasabah tidak terganggu sebagai dampak dari serangan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda