Scroll to Top

HP Touchpad, Saingan Baru iPad?

By Ivan Azzam / Published on Friday, 01 Jul 2011

Hewlett-Packard atau yang dikenal HP berencana merilis gadget terbarunya. Perangkat ini digadang HP sebagai saingan baru iPad, HP sendiri mengatakan bahwa HP Touchpad ini akan berisi sistem operasi webOS 3, yang berbasis kernel Linux layaknya Android, namun benarkah HP Touchpad ini merupakan kompetitor yang bisa diperhitungkan untuk iPad?

Jawabannya tidak, tapi 6 bulan dari sekarang, bisa akan menjadi saingan berat bagi iPad, bukan terletak pada perangkat Touchpadnya, melainkan pada webOS yang dimilikinya yang berpotensi mengancam iPad.

hp touchpad

Dibawah ini adalah review singkat dari berbagai blog yang dikutip CultOfMac:

Desain

Secara keseluruhan, ukuran Touchpad tidak berbeda dengan tablet sejenis, dengan berat 1.6 pon (sekitar 726 gr), sedikit lebih berat jika dibandingkan iPad 2 yang beratnya 1.3 pon (sekitar 590 gr)

Tampilan Layar

Layarnya memiliki lebar 9.7 inci dengan resolusi 1024×768 layaknya monitor komputer namun juga memiliki sentuhan yang responsif. Jika dibandingkan dengan iPad 2, ketajaman warna layar Touchpad mengagumkan. Selain itu speaker dari Touchpad bersuara stereo, artinya anda bisa menikmati musik dengan suara optimal baik anda baringkan Touchpadnya di meja ataupun mendengar dengan headset, sama mumpuni suaranya.

Baterai

Untuk baterai, HP Touchpad hanya mampu tahan 60% dari iPad, artinya iPad mampu menyala lebih lama dari Touchpad ini, dengan percobaan yaitu pengaturan kecerahan layar sebesar 75%, koneksi Wi-Fi yang terus menyala, dan memainkan video terus menerus, Touchpad bertahan selama 6 jam 5 menit, bandingkan dengan iPad 2 yang bertahan 10 jam dan 9 menit (dengan pengaturan sama di atas), HP sendiri mengklaim bahwa Touchpad mampu menyala selama 9 jam dengan video yang terus diputar, namun itu jika Wi-Fi dimatikan.

Sistem Operasi

WebOS yang dimiliki juga cantik, grafisnya elegan, memanjakan mata, dan jelas. Dan rupanya hal ini adalah pengaruh dari suatu perusahaan yang mengembangkan software dan hardware sekaligus (seperti layaknya Apple dengan Mac OS Xnya), bandingkan dengan Android yang seperti campuran sana-sini.

Aplikasi

Kelebihan lain dari aplikasi webOS adalah aplikasi tersebut bisa dibuat dengan teknologi standar HTML dan JavaScript, yang artinya si pengembang tidak perlu mempelajari bahasa baru untuk membuat aplikasi webOS, namun tetap saja, HP App Catalog belum terlalu banyak berisi aplikasi, jika dibandingkan toko aplikasi sejenis misalkan App Store milik Apple.

Performansi

Sangat buruk, satu aplikasi bisa memakan waktu puluhan detik, sebagai contoh, layar pengaturan saja memakan waktu 20 detik untuk terbuka, bukankah ini mengesalkan? Belum lagi Flash yang belum mampu didukung dengan baik, ini terlihat jika anda membuka situs dengan Flash namun tidak ada respon dan ini harus diulang berkali-kali sampai Flash bisa berjalan dengan baik

Kesimpulan yang bisa diambil, HP Touchpad ini sebenarnya memiliki potensi dalam hal menyaingi iPad di pasar tablet, jika dilihat dari review di atas terlihat Touchpad masih jauh dari sempurna, namun mari kita lihat 6 bulan dari sekarang apakah HP Touchpad mampu lebih baik atau tetap begini saja?

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda