Scroll to Top

Berapakah Usia Anak Yang Tepat Untuk Diberi HP?

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 21 Feb 2012

usia yang tepat memberikan hp pada anak

Sebuah penelitian baru di Inggris dengan melibatkan 1000 keluarga yang memiliki anak berusia antara 8 hingga 18 tahun dilakukan untuk mendapatkan jawaban atas ‘usia berapakah anak bisa dipercaya untuk mendapatkan hp pertama mereka,’. Ternyata hasil studi ini menunjukkan bahwa usia 11 tahun adalah umur yang tepat bagi anak untuk mendapatkan gadget mobile pertama mereka.

Rata-rata orang tua di Inggris memberikan hp pertama bagi anak-anaknya saat mereka menginjak usia 11 tahun atau kalau di Indonesia saat anak ini berada di kelas lima SD. orang tua disana pun tidak keberatan untuk membayar tagihan telepon anaknya yang berkisar £20 atau sekitar 300 ribu rupiah sebulan.

Hasil studi yang dikumpulkan oleh ‘Digital Futures’ ini menganggap bahwa anak usia 11 tahun sudah bisa dipercaya untuk menggunakan ponsel selular dengan bijak. Bahkan yang mengejutkan lagi ternyata anak-anak ini kedepannya menuntut fasilitas lebih agar hp mereka bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti sebagai remote kontrol televisi atau alat rumah tangga lainnya serta sebagai alat pembayaran saat mereka membeli barang di toko.

Ketertarikan anak terhadap fungsi gadget ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan para orang tua mereka. Sekitar 42 persen anak ingin fungsi lebih pada hp mereka jika dibandingkan dengan orang tua yang hanya 24 persen.

Menurut Paul Hudson ketua group peneliti. Imajinasi anak terhadap utilitas handphone kedepannya sangat berpengaruh terhadap arah kemana teknologi gadget ini akan dibawa. Hudson menyatakan keterkejutannya saat mendapatkan jawaban yang diberikan anak-anak dimana beberapa jawaban tersebut memang belum pernah kita pikirkan sama sekali.

Kalau menurut Anda, berapa usia anak yang tepat saat Anda memberikan HP kepada anak Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda