Scroll to Top

Ini Dia Tiga Profesor Yang Membuat Guardiola Mencadangkan Gerard Pique

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 21 Feb 2012

Semua orang pasti penasaran dengan keberanian Josep Guardiola membangkucadangkan Gerard Pique. Sang bek tengah tidak cedera, tidak mengalami akulumasi kartu kuning, atau bahkan tidak terlibat konflik dengan Guardiola. Namun, mengapa Pep berani mencopot calon kapten masa depan Barcelona?

Barcelona 4
Barcelona Tanpa Gerard Pique di Liga Champions

Jawabannya bukan karena Pep tengah bersitegang dengan Pique. Namun, ini semua karena “ulah” tiga profesor dari University of Vigo: Carlos Lago, Luis Casais, dan Eduardo Dom√≠nguez.

Tiga orang ini bekerja sebagai tim riset dari Fakultas Pendidikan dan Olahraga di universitas tersebut. Riset yang mereka lakukan bukan sembarang riset, melainkan riset detail dengan program yang disebut “Amisco”.

Tujuan yang paling ringkas dari sistem ini, adalah memberikan informasi siapa pemain yang sudah terlihat kuyu karena terlalu banyak bertanding meski terlihat bugar; atau menunjukkan bahwa seorang pemain yang begitu banyak bermain, misalnya Lionel Messi, tidak perlu diistirahatkan karena kondisinya masih sangat prima dan dan kontribusinya selalu maksimal.

Rekomendasi ketiga profesor yang mendapatkan data dari “Amisco” disodorkan kepada pelatih. Sistem ini jelas lebih memudahkan seorang pelatih untuk melakukan rotasi pemain karena mereka benar-benar mengetahui detail kebugaran para pemain.

Yang unik, bukan hanya Barcelona yang memakai jasa Lago, Casais, dan Dominguez. Ada pula Lyon, Lille, Spartak Moskow, Deportivo La Coruna, Espanyol, dan Osasuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda