Scroll to Top

Canonical : Ubuntu Akan Hadir Untuk Android

By Ditya / Published on Wednesday, 22 Feb 2012

Ubuntu For Android

Siapa yang tidak kenal Ubuntu? Ubuntu adalah sistem operasi desktop populer berbasis linux yang bersifat open source dari Canonical.

Canonical telah mengumumkan produk baru yang disebut dengan Ubuntu untuk Android yang akan membawa distro Linux populer ke smartphone berbasis Android.

Produk Ubuntu untuk Android ini terdiri dari lingkungan desktop Ubuntu lengkap yang dipasang pada perangkat smartphone bersama-sama dengan lingkungan standar Android.

Dengan produk ini, pengguna dapat menjalankan Ubuntu dari smartphone mereka  ketika perangkat smartphone tersebut dipasang di sebuah dock yang terhubung dengan keyboard dan monitor. Konsep seperti ini mirip dengan platform WebTop pada perangkat Atrix yang dikapalkan oleh Motorola.

Varian baru Ubuntu ini berjalan diatas kernel Android dan dirancang sedemikian rupa agar bekerja dengan baik pada perangkat dengan CPU dual-core ARM.

Tidak seperti platform WebTop Motorola, Ubuntu untuk Android ini membawa banyak aplikasi desktop populer dan menyediakan integrasi yang lebih komprehensif dengan platform Android.

Aplikasi yang dibawa oleh Ubuntu untuk Android antara lain Web browser Chromium, email client Thunderbird, aplikasi microblogging Gwibber, player multi media VLC player dan banyak aplikasi lainnya.

Ubuntu untuk Android ini juga mampu untuk menggunakan konetivitas ponsel Android termasuk 3G dan HSDPA atau bahkan 4G.

Mark Shuttleworth, pendiri Canonical, membahas produk baru ini di blognya pada hari selasa pagi dan akan mendemonstrasikan produk baru ini di acara Mobile World Congress minggu depan.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, produk ini berbeda dari sistem operasi Ubuntu Mobile yang direncanakan Canonical untuk diluncurkan pada tahun 2014. Canonical masih bekerja keras untuk menciptakan sistem operasinya sendiri yang lengkap dan akan bersaing dengan Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda