Scroll to Top

Berbagai Kota Kuno di Negri 1001 Malam

By C Novita / Published on Wednesday, 22 Feb 2012

Negri 1001 malam atau lebih dikenal sebagai jazirah Arab merupakan negri dengan peradaban tertua. Karena itu banyak sekali sisa-sisa peninggalan peradaban tersebut berupa kota kuno, baik yang masih dihuni manusia, atau pun yang sudah menjadi reruntuhan.

Saat ini, kota tua itu digunakan sebagai lokasi wisata sejarah yang mengundang decak kagum karena keunikan dan kemegahannya. Di antara kota kuno yang ada di jazirah Arab adalah;

  • Kota Tua Sana’a, Yaman

Kota ini termasuk kota kuno yang masih dihuni oleh manusia. Banyak sekali tembok-tembok dan bangunan tua yang masih berdiri dan mengesankan suasana kuno. Kota ini bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia, karena banyaknya bangunan bersejarah kuno yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Salah satunya adalah mesjid tertua.

Kota tua Sana'a Yaman

 

  • Jordania

Jordania memiliki berbagai peninggalan arkeologi dan sejarah dari jaman kuno. Yang paling menakjubkan adalah Petra (batu). Kota tua yang dibangun di bukit-bukit kapur di tengah gurun. Petra bahkan masuk dalam 7 keajaiban dunia karena keindahannya.

Petra Yordnaia

 

  • Chartage, Tunisia

Ini merupakan peninggalan Yunani kuno. Namun kemudian dihancurkan oleh bangsa Romawi dan mendirikan bangunan khas romawi di atasnya. Meliputi pelabuhan, teater, serta pemandian Antonine, pemandian terbesar yang pernah dibuat Bangsa Roma.

Chartage tunisia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda