Scroll to Top

Starting XI Barcelona Musim Depan 100% Diisi Jebolan La Masia?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 22 Feb 2012

Musim 2011/2012 ditandai dengan kepulangan Cesc Fabregas ke rumah asalnya, Barcelona. Pemain yang menaklukkan Liga Inggris bersama Arsenal ini, tak kuasa menahan kerinduan untuk bermain dengan rekan-rekan semasa generasi 1987 di Barcelona: Lionel Messi dan Gerard Pique.

Barcelona 3

Kehadiran Cesc juga menjadi titik penting bagi regenerasi Barcelona. Ia diplot akan menggantikan sosok Xavi Hernandez yang semakin tua. Lebih jauh, kembalinya Cesc juga menjadi momentum penting bagi Pep Guardiola musim depan: Barcelona siap memainkan starting XI yang berasal dari akademi klub.

Saat ini, meskipun secara umum Pep selalu mengubah susunan pemain di starting XI, ada tujuh jebolan La Masia yang dipilihnya di tim utama. Mereka adalah Victor Valdes (kiper), Gerard Pique dan Carles Puyol (bek), Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez (gelandang), Lionel Messi dan Pedro Rodriguez (penyerang).

Perhatian layak diberikan pada tiga pemain uzur: Victor Valdes akan berusia 31 tahun pada musim 2012/2013. Xavi Hernandez 33, dan Carles Puyol 34 tahun.

Untuk Valdes, musim depan sang deputi bukan lagi Jose Manuel Pinto. Kemungkinan besar, Pep Guardiola akan berani membawa Oier Olazabal, Jordi Masip, dan Ruben Mino dari Barcelona B. Pengalaman mereka dua tahun di Segunda Division sudah cukup membentuk mental baja. Terutama Olazabal yang bermain paling banyak bermain di antara ketiganya.

Pengganti Xavi Hernandez, sudah disebutkan di muka, Cesc Fabregas. Kalaupun Cesc suatu saat cedera, sudah ada sosok Thiago Alcantara. Thiago sudah bermain 34 kali di tim utama, lebih banyak daripadaa Xavi (33) atau Iniesta (27).

Sementara itu, posisi yang paling rentan adalah pengganti Carles Puyol. Nama Marc Bartra menjadi pilihan utama sebagai suksesor Puyol. 18 kali bermain di pentas Segunda Division menjamin kematangan pemain berusia 21 tahun ini. Kalau tidak, ada Andreu Fontas (22 tahun).

Di luar ketiga pemain pengganti “darah tua” Barcelona ini, masih ada beberapa pemain lain yang bisa menjadi solusi dari pemain-pemain di luar jebolan La Masia yang sekarang menjadi pilihan utama Pep.

Dani Alves yang berusia 28 tahun harus siap-siap disaingi oleh Martin Montoya sejak musim depan. Sementara itu, Eric Abidal (33 tahun musim depan) yang kokoh di posisi bek kiri siap pula digeser Marc Muniesa (20 tahun).

Kalau posisi gelandang sudah resmi milik para jebolan La Masia, perubahan besar bisa terjadi di lini depan. Isaac Cuenca (20 tahun) dan Cristian Tello (21 tahun) bisa dimainkan sebagai dua penyerang pendamping Lionel Messi atau Pedro Rodriguez. Kebiasaan Josep Guardiola yang menugaskan para penyerangnya untuk lebih melebar, akan membantu karena kedua pemain muda ini bukan penyerang murni layaknya Zlatan Ibrahimovic yang kesal karena tidak menjadi tumpuan mencetak gol.

Kalau semua sesuai rencana, artinya semua tempat di tim inti Barcelona, bisa diisi pasukan binaan mereka sendiri.

Yang paling menarik, musim ini Barcelona memiliki 11 hingga 13 pemain utama dari sistem akademi (termasuk Gerard Pique dan Cesc Fabregas yang bermukim di Liga Inggris lebih dahulu). Bukan tidak mungkin, musim depan, angka ini akan meningkat hingga minimal 19 pemain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda