Scroll to Top

Mampukah Google Plus Menggeser Dominasi Facebook? [Opini]

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 02 Jul 2011

Sudah familiar mengenai berita terbaru dari Google? Yap, dunia maya sedang heboh membahas mengenai Google+, sebuah jejaring sosial terbaru keluaran Google, yang saat ini baru bisa dinikmati di kalangan terbatas alias melalui invitasi, layanan dari Google ini cukup menarik, sekilas fitur yang ditawarkan Google Plus:

google plus

  1. Circle, yang gunanya bisa membuat pemakai mengatur kontak/teman yang dimiliki menjadi grup, mirip dengan fitur “Create group” yang-tidak-terlalu-baru-lagi dari Facebook, tidak itu saja, dari Circle pemakai bisa memakai layanan Google langsung dari tempat.
  2. Huddle, fitur yang tersedia pada perangkat HP agar bisa berkomunikasi dengan anggota Circle, sedikit mirip dengan fitur update status milik Facebook yang bisa dari HP, hanya Huddle ini lebih baik karena bisa mengontak langsung anggota Circle
  3. Hangout, fitur dimana para anggota Circle bisa melakukan video chat, tidak itu saja, siapapun bisa gabung di Hangout asal punya url unik dari Hangout
  4. Sparks, fitur yang bisa mengakses langsung ke pencarian Google, juga bisa membuat pemakai mencari topik yang disukai mereka.
  5. Instant Upload, fitur khusus untuk perangkat Android, dimana pemakai bisa menyimpan langsung foto atau video di album khusus.
  6. Streams, fitur yang bisa membuat masing-masing pemakai melihat update dari anggota Circle lain, mirip fitur Wall di Facebook dan News Feed

Selain itu di web kini juga bertebaran tombol +1 mirip Like dari Facebook. Sekian ulasan dari fitur keren Google+, sebenarnya bukan ini inti pembahasan utama, namun pertanyaan yang muncul dari benak penulis, bisakah Google+ ini mengalahkan dominasi Facebook beberapa waktu ke depan?

Namun Facebook tidak tinggal diam, dikutip dari Washington Post Zuckerberg menyatakan akan meluncurkan fitur baru di Facebook yaitu aplikasi khusus untuk iPad dan layanan musik, selain itu Mark Zuckerberg juga ikut mendaftar di Google+ beserta beberapa karyawan Facebook, kira kira apa motif dibalik tindakan itu?

Berkaitan dengan persaingan Google dan Facebook ini, entah kenapa saya pikir Google+ bisa memenangkan pertandingan ini, selain karena didukung nama besar Google terhadap produk ini, terlihat juga dari antusiasme masyarakat dunia maya (makanya Google+ hanya melalui invitasi).

Soal waktu berapa lamanya, memang tidak dalam waktu 1 tahun namun saya beranggapan lebih dari 1 tahun Facebook akan digerus Google, terutama fitur fitur sederhana namun unik milik Google. Hal yang juga sama terjadi pada Facebook saat mengalahkan Friendster.

Dimana Facebook memiliki fitur Wall dan Chat yang mendongkrak popularitas Facebook, ditambah lagi saat sedang masa puncak Facebook, apalagi saat meledak di Indonesia, orang-orang beramai-ramai ketagihan Facebook, jika anda ke warnet sudah pasti anda melihat pengguna tersebut membuka Facebook (sekarang juga sih)

Mungkin memang terlalu awal jika mempertanyakan apakah Google+ mampu menggeser dominasi Facebook (yang bahkan Google+ belum diluncurkan ke publik) namun kita bisa menarik kesimpulan yang jika dibentuk menjadi pertanyaan, apakah Google+ adalah tuntutan untuk bertahan hidup dengan cara mengekspansi pasar, atau tren belaka saja? Kita lihat nanti.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda